Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal MV Tina Bermuatan Ribuan Kontainer Diisukan Tabrakan, Ternyata Kandas di Batam

Kompas.com - 24/11/2020, 20:26 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun membantah telah terjadi tabrakan kapal tanker super kargo di perairan Batam, Kepulauan Riau (Kepri) atau tepatnya di di Perairan Batu Berhenti.

Kepala KSOP Karimun Capten Barlet Silalahi mengatakan, Kapal MV Tina 1 GT 66.332 sebelumnya baru memuat 4.096 Teus peti kemas (Kontainer) di Pelabuhan Pasir Panjang, Singapura. Ribuan kontainer tersebut akan dibawa berlayar menuju Tanjung Priok, Jakarta.

Barlet mengaku kapal tersebut merupakan kapal berbendera Cyprus dengan imo 5BYH4 tersebut.

"Saat kejadian, tidak saja mengangkut ribuan kontainer, kapal juga mengangkut 20 Orang Anak Buah Kapal (ABK), dengan Nahkoda bernama Krzystor Bogdan berkebangsaan Polandia,” kata Barlet ditemui di Batam usai meggelar rapat koordinasi terkait kapal tersebut, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Pegawainya Buat 450 Konten dan Video Seks Anak, Kepala Bapelkes Batam: Ini Pukulan Berat

Kandas di posisi sama dengan MV Shahraz

Barlet mengaku sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terkait insiden ini, namun barlet memastikan dari kejadian ini kondisi kapal tidak mengalami kebocoran dan tidak adanya tumpahan minyak.

“Bahkan seluruh ABK kapal dinyatakan selamat,” ungkap Barlet.

Barlet menerangkan, Kapal tersebut milik agen pelayaran PT Admiral Lines Jakarta dengan panjang sekitar 278,94 meter dan lebar sekitar 40 meter.

"Posisi Kapal tak jauh dari MV Shahraz yang mengalami kandas beberapa waktu lalu di titik kordinat yang sama. Kapal MV Tina 1 ini juga diketahui menghantam buritan MV Shahraz yang sebelunya kandas di posisi yang sama dan tengah dievakuasi," papar Barlet.

Lebih jauh Barlet mengatakan Kapal tersebut tengah dilakukan evakuasi di titik kordinat di 01° 11' 213" N / 103° 52' 797" E.

Seluruh armada penyelamatan tengah dikerahkan ke lokasi kejadian menggunakan Kapal KN Rantos dan KN Sarotama milik Basarnas dan Syahbandar.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Batam-Bintan, Pjs Gubernur Kepri: Insya Allah yang Terpanjang di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com