Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo di Kabupaten Bogor, Buruh Minta Semua Mogok Kerja

Kompas.com - 08/10/2020, 17:25 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Berbagai serikat buruh menggelar aksi unjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja di pusat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (8/10/2020).

Massa aksi melakukan longmars sambil mengajak karyawan berunjuk rasa saat melewati pabrik yang ada di berbagai kawasan industri di wilayah timur Kabupaten Bogor.

Puluhan aparat polisi dan TNI turut melakukan pengamanan aksi unjuk rasa sembari mengatur lalu lintas di sepanjang jalan raya.

Baca juga: Demo di DPRD Sukabumi Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Cedera

Pantauan Kompas.com, arus lalu lintas di Jalan Tegar Beriman pun sempat tersendat saat serikat buruh dari ratusan perusahaan ini tiba di lokasi.

Para buruh memblokade dua pintu utama kawasan pemerintahan sambil membentangkan spanduk besar yang bertuliskan berbagai penolakan pengesahan UU Cipta Kerja.

Spanduk dan poster itu bertuliskan, "DPR RI mengkhianati rakyat. Aksi melayat DPRD Kab Bogor". Kemudian, ditambah lagi dengan spanduk bertuliskan, "Mari bergerak sebelum menjadi jongos di negeri sendiri. Tolak omnibus law".

Baca juga: Demo Tolak UU Cipta Kerja di Indramayu, Polisi Dilempari Botol

Massa meneriakan yel-yel diiringi nyanyian mars buruh di depan pintu masuk yang dijaga aparat kepolisian.

Dalam kesempatan itu, orasi salah satu buruh perempuan menyampaikan supaya buruh di wilayah Kabupaten Bogor turun ke jalan dan melakukan aksi mogok kerja.

"Hari ini kita turun ke jalan menolak omnibus law, jadi jangan takut kawan-kawan buruh apabila disanksi oleh perusahaan. Kita tegaskan bahwa hari ini adalah hari mogok kerja, hidup buruh, tolak omnibus law," teriak orator yang disambut dengan tepuk tangan.

Baca juga: Demo di Bandung Kembali Ricuh, Area Gedung Sate Dilempari Batu

"Saya menyesalkan sekali masih ada buruh yang diam-diam kerja. Maka pesan saya, perempuan bisa berontak, masak laki-laki tidak bisa. Tolong sampaikan ke teman-teman, hari ini kapitalis sedang berkuasa," kata dia.

Selama aksi berjalan, mereka tak henti-hentinya bergantian menyuarakan penolakan UU yang dianggap mencekik kaum buruh.

Terpantau aksi unjuk rasa terus berjalan sejak siang hingga hujan turun.

Aksi unjuk rasa buruh ini berlangsung damai sampai mereka membubarkan diri.

Seperti diketahui, berdasarkan data Polres Bogor, terdapat 125 perusahan di Kabupaten Bogor  yang pegawainya menggelar aksi unjuk rasa dan mogok kerja.

Mereka berasal dari berbagai kawasan industri seperti Kecamatan Gunung Putri, Sentul, Citeureup dan Ciawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com