Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdesak Kebutuhan Ekonomi, Tukang Becak Positif Covid-19 Nekat Bekerja Antar Penumpang

Kompas.com - 28/09/2020, 18:25 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - SHT (53), seorang tukang becak di Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, membuat heboh warga sekitar.

Pasalnya, meski sudah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan diminta melakukan isolasi mandiri di rumah, tapi yang bersangkutan justru nekat keluyuran untuk antar penumpang.

Informasi tersebut dibenarkan Camat Tegal Selatan Sartono Eko Saputro. Menurutnya, alasan pasien tersebut nekat beraktivitas di luar rumah karena merasa tidak mempunyai keluhan.

Selain itu, juga karena terdesak kebutuhan ekonomi jika hanya berdiam diri di dalam rumah.

Baca juga: Tukang Becak Positif Covid-19 di Tegal Keluyuran Bawa Penumpang, Desakan Ekonomi hingga Dibantu Warga

Namun demikian, setelah mendapat laporan dari warga itu pihaknya mengaku langsung turun tangan untuk menyambangi rumah dari yang bersangkutan.

Terkait keluhan ekonomi yang disampaikan, kata dia, semua kebutuhan pokok yang diperlukan SHT juga langsung dipenuhi selama menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan becak yang digunakan, untuk sementara waktu dilakukan penggembokan agar kejadian serupa tidak kembali diulangi.

"Malamnya langsung kita berikan bantuan pokok sesuai yang disampaikan sebagai kebutuhannya. Baik bahan makanan, pampers, dan lainnya melalui program Jogo Tonggo," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Baca juga: “Hasil Rapid Test Positif maupun Negatif Itu Semua Palsu dan Alat Itu Bukan Rekomendasi IDI

Selain memberi bantuan kepada SHT, dalam kesempatan itu pihaknya juga mengapresiasi kepedulian dari warga sekitar.

Sebab, selama ini mereka dianggap cukup peduli dengan kondisi yang bersangkutan selama menjalani isolasi mandiri.

"Pagi, siang, malam warga mengantarkan makanan. Bahkan sampai ada yang mengirimkan sate kambing. Alhamdulillah dari warga juga sengkuyung," kata dia.

Sementara itu, Ketua RW 5, Debong Tengah, Tegal Selatan, Zuhrotunisa mengatakan, dari hasil tracing di sekitar rumah tempat tinggal SHT diketahui ada tambahan kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hari Sabtu kemarin ada penambahan lagi positif, anaknya yang laki-laki. Di depan (rumahnya) juga ada positif. Jadi di Jalan Semarang ada enam orang yang positif," ujarnya.

Penulis : Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor : Khairina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com