Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Pelajar, Masjid dan Sekolah di Agam Dibekali Wifi Gratis

Kompas.com - 23/09/2020, 07:48 WIB
Perdana Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sekolah dan masjid di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dibekali akses wifi gratis yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar.

Pemasangan wifi gratis ini dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Agam melalui program Agam Terkoneksi.

"Saat ini seluruh siswa belajar daring akibat pandemi Covid-19. Pemkab Agam berkomitmen agar siswa terus belajar dengan memberikan akses wifi gratis di masjid dan sekolah," kata Bupati Agam Indra Catri saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Baca juga: 2 Komisioner KPU Kabupaten Agam Positif Covid-19

Indra Catri mengatakan, sebagai tahap awal, pemasangan wifi gratis diberikan kepada 150 masjid dan sekolah yang telah memiliki jaringan telepon.

Menurut Indra Catri, pihaknya meminta kepada pengurus masjid dan pihak sekolah untuk menyediakan halaman, dengan bangku yang diatur untuk menjaga jarak.

Kemudian, pengurus masjid dan pihak sekolah diminta untuk mengatur jadwal dari pukul 08.00 - 11.00 WIB untuk membuka akses wifi gratis.

"Jam tersebut dipilih supaya anak-anak ataupun masyarakat bisa mendapatkan paparan ultraviolet yang bagus untuk peningkatan imun tubuh," ujar Indra.

Baca juga: 74 Karyawannya Positif Covid-19, Kantor BRI Padang Tutup Sementara

Selain itu, menurut Indra Catri, pihaknya juga sudah meminta perkantoran yang memiliki akses wifi agar membuka gratis, sehingga dapat dimanfaatkan siswa yang ingin belajar.

"Kantor-kantor diminta untuk menyediakan kursi-kursi di halaman, sehingga masyarakat tidak perlu masuk ke dalam kantor. Untuk di ibukota contohnya, di kawasan Gedung Olah Raga Rang Agam," ucap Indra Catri.

Indra Catri juga mengajak kepada masyarakat yang ekonominya terbilang mampu untuk memasang dan membuka layanan wifi.

Hal itu untuk membantu anak-anak atau tetangga yang memiliki keterbatasan dalam mengakses internet.

"Ini sama seperti dulu ketika televisi bisa dihitung jari, hanya di rumah-rumah tertentu yang ada. Jadi kalau ingin menonton sama-sama di sana. Demikian juga wifi ini, anak-anak tetangga yang tidak mampu bisa tertolong," kata Indra Catri.

Menurut Indra Catri, dengan tersebarnya fasilitas internet sampai ke jorong melalui masjid dan sekolah ini, maka tidak terjadi lagi penumpukan pada tempat-tempat yang memiliki jaringan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com