Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buron 1 Bulan, 3 Pembobol Brankas Koperasi di Brebes Dibekuk Polisi

Kompas.com - 11/09/2020, 20:33 WIB
Tresno Setiadi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Tiga orang pembobol brankas di kantor koperasi di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, dibekuk polisi setelah buron selama satu bulan.

Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Agus Supriyadi mengatakan, ketiga pelaku bernama Slamet (43) dan Imam (21) warga Cilincing Jakarta Utara, serta Kusno (55) warga Banjarharjo Brebes.

Baca juga: Terekam CCTV, Komplotan Pembobol Konter Ponsel di Semarang Ditangkap

Mereka ditangkap di sebuah tempat persembunyiannya di Desa Kudu Keras Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (7/9/2020) lalu.

"Para pelaku ditangkap tim gabungan Polda Jateng, Resmob Polres Purworejo, dan unit reskrim Polsek Wanasari," kata Agus kepada wartawan di Mapolres Brebes, Jumat (11/9/2020).

Agus mengemukakan, pelaku menjadi buruan polisi setelah membobol brankas Koperasi Swamitra pada 13 Juli 2020 lalu.

Pihak koperasi mengalami kerugian uang tunai yang tersimpan di brankas mencapai Rp 40 juta.

Baca juga: 6 Pembobol BNI Ambon Divonis 18 hingga 20 Tahun Penjara

Penangkapan pelaku yang dipimpin langsung Kanit I Satreskrim Aiptu Titok Ambar Pramono turut mengamankan barang bukti berupa satu buah potongan besi yang digunakan untuk penyangga brankas, satu buah ponsel hingga baju para pelaku yang dikenakan saat beraksi.

"Modus operandinya, mereka mencongkel menggunakan linggis pintu depan koperasi. Selain uang tunai dalam brankas, pelaku juga menggondol BPKB mobil yang tersimpan brankas," imbuhnya.

Para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang kasus pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com