Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

79 Tenaga Medis RSUD Wonogiri Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 10/08/2020, 10:18 WIB
Muhlis Al Alawi,
Khairina

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com-Sebanyak 79 tenaga medis RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi 14 hari.

Saat ini, ke-79 tenaga medis sudah kembali bekerja ke unit layanan masing-masing.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang dihubungi Kompas.com, Minggu (9/8/2020) malam menyatakan seluruh tenaga medis RSUD Wonogiri dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi 14 hari tanpa ada keluhan sakit.

“Sesuai Permenkes 341, seorang pasien positif Covid-19 dapat dinyatakan sembuh bila sudah menjalani isolasi 14 hari tanpa disertai keluhan sakit. Dan untuk 79 tenaga medis RSUD Wonogiri yang positif covid-19 semuanya dalam kondisi sehat tanpa ada keluhan sakit saat menjalani isolasi. Untuk itu semuanya sudah dinyatakan sembuh,” ungkap Jekek, sapaan akrab Joko Sutopo.

Baca juga: 19 Anggota Keluarga Tenaga Medis RSUD Wonogiri Positif Covid-19

Jekek mengatakan, sembuhnya seluruh tenaga medis RSUD Wonogiri menjadikan kasus Covid-19 di rumah sakit milik Pemkab Wonogiri sudah selesai.

Pasalnya, seluruh kontak dekat dan kontak jauh klaster sudah ditelisik.

Ia menyebutkan, kontak dekat klaster RSUD Wonogiri mencapai 588 orang dengan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 79 tenaga medis.

Sementara tracing kontak sedang dan jauh ditemukan 88 orang dengan jumlah kasus positif corona sebanyak 19 orang anggota keluarga tenaga medis RSUD Wonogiri.

Kondisi 19 orang anggota keluarga tenaga medis RSUD Wonogiri yang terpapar Covid-19 berstatus orang tanpa gejala.

Dalam waktu dekat, jika tidak ada gejala sakit, 19 orang itu dinyatakan sembuh.

Meski sudah banyak yang sembuh, Jekek meminta warga Wonogiri tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mengingat kasus Covid-19 di daerah tetangga melonjak tinggi.

“Saya mengimbau seluruh warga meningkatkan disiplin berprotokol kesehatan dengan mengenakan masker, tetap menjaga jarak dan rajin mencuci tangan agar tidak tertular covid-19,” demikian kata Jekek.

Diberitakan sebelumnya, seluruh pegawai RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso berjumlah 508 orang mengikuti uji swab setelah dua tenaga medis rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Wonogiri positif Covid-19. Hasilnya, 79 pegawai yang berasal dari tenaga medis dinyatakan positif Covid-19.

“Jadi total akhir tenaga medis RSUD Wonogiri yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 79 orang,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: 49 Tenaga Medis RSUD Wonogiri Sembuh, 30 Orang Menunggu Hasil Swab

Menurut Jekek, keputusan uji swab seluruh pegawai RSUD Wonogiri mengacu cepatnya mata rantai penularan Covid-19 yang terjadi di bumi gaplek dalam satu bulan terakhir.

Jika dibandingkan dengan kasus-kasus sebelumnya, kontak erat pasien positif banyak yang tidak terpapar setelah dilakukan uji PCR.

Untuk itu, ia mengambil tindakan cepat dengan melakukan uji swab seluruh pegawai. Dari uji swab, seluruh pegawai Pemkab Wonogiri mendapatkan gambaran kasus sebenarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com