Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Persen Kasus Positif Covid-19 DIY Didominasi OTG

Kompas.com - 22/07/2020, 16:32 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menuturkan, 90 persen kasus positif Covid-19 didominasi Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Adanya lonjakan kasus kita tahu bahwa masih ada Covid-19 di DIY, kita bisa tahu 80-90 persen adalah OTG, artinya mereka itu didapat tidak melalui layanan kesehatan," ungkap Berty Murtiningsih, dalam jumpa pers yang dilakukan di kantor Sekda DIY kompleks kepatihan, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Selama Pandemi, 30 Tenaga Medis DIY Terpapar Covid-19

Dengan banyaknya kasus OTG, pihaknya akan memberikan perlindungan kepada kelompok-kelompok rentan seperti anak-anak dan lansia.

"OTG itu kita tidak tahu seperti apa, karena dia (OTG) tidak ada masalah di dalam kesehatannya. Kita tidak tahu kapan akan berakhir, sehingga kita siapkan semuanya seperti rumah sakit, tenaga kesehatannya, dan juga logistiknya," katanya.

Pada akhir bulan Juli, Dinas Kesehatan DIY memprioritaskan pemeriksaan kepada para tenaga medis.

"Kita prioritaskan swab massal dan masifkan pelaksanaan tracing kontak. Dulu kita sebelum melakukan swab kita lakukan dulu rapid test, sekarang kita lakukan swab secara masal," ucap Berty.

Baca juga: Penanganan Covid-19 di Yogyakarta Dipuji Jokowi, Ini Tanggapan Sri Sultan HB X

Sementara itu, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, melonjaknya kasus positif Covid-19 merupakan konsekuensi dari DIY yang sudah membuka diri untuk wisatawan, bisnis, dan keluarga.

"Kita siapkan dengan tes-tes massal terutama swab tes, agar segera diketahui dan bisa dilakukan kontak tracing," imbuhnya.

Selain itu pihaknya telah meminta rumah sakit untuk menyiapkan tempat tidur bagi pasien.

"Untuk nakes kami meminta menyiapkan diri dengan menambah bed, dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) itu kan sudah diperhitungkan dari jumlah bed yang ada," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com