Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berpenumpang 9 Orang Tenggelam di Aceh, 2 Tewas

Kompas.com - 22/06/2020, 05:41 WIB
Raja Umar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Satu boat nelayan yang ditumpangi 9 orang terbalik di Perairan Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh sekitar 1 mil dari pelabuhan. Dua orang di antara penumpang itu meninggal dunia.

"Kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB. Boat nelayan itu berangkat dari Pelabuhan Ujung Pancu menuju ke Pelabuhan Nelayan Ulee Lheue, kemudian terhempas ombak dan terbalik, 7 orang berhasil diselamatkan oleh nelayan yang sedang melintas, dan 2 orang hilang," kata Budiono, kepala Basarnas Banda Aceh dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/06/2020).

Baca juga: Viral Penampakan Benda Mirip Kapal Karam di Sukabumi, Tak Sengaja Tertangkap Google Maps

Menurut Budiono, dua korban tewas yang ditemukan oleh petugas Tim SAR Banda Aceh itu adalah perempuan masing-masing bernama Amoy  (70) dan Apin (65), keduanya warga Kampung Laksana, Banda Aceh.

"Korban saat ditemukan telah meninggal dunia. Setelah berhasil dievakuasi, korban langsung dibawa ke RSU Zainal Abidin dengan menggunakan ambulans, kemudian diserahkan kepada pihak keluarga," katanya.

Sebelumnya, Kapal nelayan berpenumpang sembilan orang tenggelam. Dua penumpang ditemukan meninggal dan 7 orang diselamatkan oleh nelayan yang sedang melintasi lokasi saat kejadian.

"Tujuh penumpang sebelumnya berhasil diselamatkan oleh nelayan, sementara dua orang sempat hilang dan saat ditemukan oleh Tim SAR dalam kondisi meninggal," katanya.

Baca juga: Dihantam Kapal Berbendera Panama, Perahu Bermuatan Sembako Karam di Sungai Musi

Pencarian korban kapal nelayan itu dilakukan oleh Tim Rescue Basarnas Banda Aceh dengan menggunakan satu unit rescue car dan dilengkapi 1 unit perahu karet dan 1 unit RIB lengkap palsar air dan peralatan komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com