Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riau Bersiap Hadapi Musim Kemarau, Gubernur: Jangan Bakar Hutan

Kompas.com - 15/06/2020, 09:31 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar meminta warganya untuk menjaga hutan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pasalnya, dalam beberapa bulan ke depan  Riau akan menghadapi musim kemarau.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Riau sudah masuk musim kemarau dari akhir Mei 2020.

"Kami minta semua pihak, terutama masyarakat dapat menjaga hutan, jangan sampai membakar. Karena, dalam waktu dekat musim kemarau akan melanda Riau," ucap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Baca juga: Gubernur Kalsel Ancam Pembakar Lahan yang Sebabkan Karhutla

Ia menyebut saat ini Riau masih aman dari karhutla. Selain karena upaya pencegahan yang terus dilakukan, faktor alam juga membantu menjaga dari bencana tahunan tersebut.

"Belakangan ini kita masih aman dari karhutla, karena curah hujan masih cukup tinggi dibeberapa wilayah, terutama yang kerap terjadi Karhutla. Tapi, ke depannya kita tidak tahu. Untuk itu, pencegahan tetap harus dilakukan," kata Syamsuar.

Pencegahan karhutla, sebut dia, juga merupakan pesan dari Panglima TNI dan Kapolri saat melakukan kunjungan kerja ke Riau dua hari yang lalu.

Sebab, Provinsi Riau salah satu daerah yang rawan terjadi karhutla.

"Pesan Bapak Panglima TNI dan Kapolri juga sudah jelas soal karhutla. Kita diminta untuk selalu waspada dan melakukan upaya pencegahan," kata Syamsuar.

Baca juga: Darurat Karhutla Intai Sumsel, 1.721 Hotspot Mulai Bermunculan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com