Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang New Normal, Pasien Positif Covid-19 di NTT Bertambah Jadi 97

Kompas.com - 31/05/2020, 16:54 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Jelang pemberlakuan new normal, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) malah kembali mengumumkan tambahan lima kasus baru positif Covid-19 di wilayah itu. Dengan demikian, total jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 97 di NTT hingga Minggu (31/05/2020). 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Dominikus Minggu Mere mengatakan, tambahan lima kasus baru itu berasal dari Kabupaten Ende dan Kota Kupang.

"Tiga kasus positif di Kabupaten Ende dan dua lainnya di Kota Kupang," ungkap Dominikus kepada sejumlah wartawan di Kupang, Minggu (31/5/2020).

Baca juga: Pemda di NTT Siapkan Tempat Karantina Bagi 5.000 TKI yang Pulang

Dominikus menyebut, tambahan lima kasus baru itu, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 96 spesimen swab di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD WZ Johannes Kupang.

Menurut Dominikus, lima kasus baru itu merupakan transmisi lokal.

Dengan tambahan lima kasus barus itu lanjut Dominikus, maka secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di provinsi berbasis kepulauan itu menjadi 97 kasus.

Sebanyak 97 kasus itu kata Dominikus, tersebar di sejumlah wilayah di NTT yakni Kota Kupang 27 kasus, Kabupaten Sikka 27 kasus, Manggarai Barat 14 kasus, Ende 9 kasus. 

Sumba Timur 8 kasus, Timor Tengah Selatan 4 kasus, Nagekeo 3 kasus, Flores Timur dan Rote Ndao masing-masing 2 kasus dan Manggarai 1 kasus.

Menurut Dominikus, Pemerintah Provinsi NTT, terus menerus berkomitmen untuk mempercepat informasi yang berkaitan dengan kepastian hasil spesimen swab yang dikirim dari kabupaten dan kota di NTT.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar, Kalsel 31 Mei 2020

Dominikus pun berharap, masyarakat di NTT bisa mematuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah menyepakati untuk memasuki kehidupan normal yang baru mulai 15 Juni 2020 mendatang.

Kesepatakan itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi virtual antara Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dengan para Bupati se-NTT dan Wali Kota Kupang, Selasa (26/5/2020) siang.

"Tadi siang telah ditetapkan bahwa Provinsi NTT akan memasuki kehidupan normal yang baru mulai 15 Juni 2020," ungkap Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu kepada sejumlah wartawan, Selasa (26/5/2020) sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com