Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Warga, Pengurus Masjid Perumahan Elite Ditangkap Densus 88 Saat Mau Tarawih

Kompas.com - 20/05/2020, 16:28 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Warga salah satu perumahan elite Bumi Sentra Mas Blok F3 Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, mengaku baru sadar mengetahui pengurus masjid di wilayahnya ditangkap Densus 88 saat hendak shalat tarawih.

Keberadaan pria berinisial MT (38) tersebut sempat ditanyakan saat akan shalat tarawih dan diketahui telah ditangkap Densus 88 pada sore harinya.

"Kami baru sadar kalau sudah ditangkap saat akan shalat tarawih. Ternyata diketahui katanya telah ditangkap Densus 88. Selama ini, MT disediakan rumah inventaris oleh warga karena merasa sudah berjasa memberikan ilmu pendidikan agama," jelas salah seorang tetangga terduga teroris MT, Mira Zaneza (39), kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Baca juga: Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris di Perumahan Elite Tasikmalaya

Mira menambahkan, selama ini pria tersebut dikenal membaur dengan masyarakat dan tak menunjukkan gelagat mencurigakan.

Selama bergaul pun, MT dikenal humoris dan selalu memberikan perilaku yang tidak menyimpang dari ajaran agama selama ini.

"Saya sebagai warga merasa kehilangan guru pengajar ngaji dan imam masjid, karena waktu akan menunaikan shalat tarawih tidak ada. Kami, tidak menyangka MT sebagai terduga teroris dan warga juga tentu terpukul meskipun dalam sehari-hatinya baik dan juga humoris," ungkap Mira.

Saat penggeledahan terlihat beberapa petugas Densus dan petugas Inafis mengamankan beberapa alat bukti berupa puluhan pipa yang telah dibentuk sedemikian rupa, 5 alat komunikasi Halky Talky (HT), matras, laptop, buku, alat penerangan dan ransel yang berada di rumahnya.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Terduga Teroris di Tasikmalaya

Pengurus masjid perumahan elite

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap seorang pria berinisial MT (38), di salah satu kawasan rumah elite Perum Bumi Sentra Mas Blok F3 Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Selasa (19/5/2020) sore.

Tim Densus dibantu petugas Inafis Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota pun keesokan harinya langsung menggeledah rumah terduga teroris tersebut dan mengamankan beberapa barang bukti pada Rabu (20/5/2020).

"Selama ini kita mengenal pria itu sebagai ustaz atau guru ngaji. Sudah lama ada 7 tahun diam bersama keluarganya di sini di rumah inventaris perumahan. Setiap harinya di sini sebagai imam masjid, guru ngaji dan semua kegiatan-kegiatan di masjid," jelas salah seorang penjaga perumahan setempat, Nana (50), kepada wartawan, Rabu siang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com