Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

421.177 KK di Banten Dapat Bantuan Sosial Dampak Corona

Kompas.com - 22/04/2020, 07:32 WIB
Acep Nazmudin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 421.177 kepala keluarga (KK) mendapat bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari Pemerintah Provinsi Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan penerima bantuan merupakan kelompok masyarakat yang rentan terdampak risiko sosial Covid-19. Salah satu kriterianya adalah KK yang diliburkan oleh perusahaan tanpa uang tanggungan.

"Setiap penerima manfaat akan memperoleh bantuan sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga, yang rencananya akan diberikan selama tiga bulan yaitu April, Mei dan Juni,” kata Wahidin melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: Viral Warga Banten 2 Hari Tak Makan karena Corona dan Akhirnya Meninggal

Bantuan uang tunai tersebut, kata Wahidin, akan disalurkan melalui empat lembaga bank di masing-masing wilayah kabupaten dan kota di Banten.

Bantuan akan dikirim bertahap mulai Selasa (21/4/2020) di mana Kota Tangerang dan Tangerang Selatan menjadi wilayah pertama yang disalurkan.

Ada pun jumlah penerima di masing-masing kabupaten kota antara lain, Kota Tangerang sebanyak 86.783 KK, Kota Tangerang Selatan 22.258 KK, Kabupaten Tangerang 149.133 KK.

Kemudian Kabupaten Serang 56.100 KK, Kota Serang 30.200 KK, Kota Cilegon 20.375 KK, Kabupaten Pandeglang 44.673 KK dan Kabupaten Lebak sebanyak 11.655 KK.

Data tersebut, kata Wahidin, berasal dari usulan masing-masing kabupaten kota dan sudah dilakukan verifikasi.

Baca juga: Curi Beras karena Kelaparan, Pria Ini Tertangkap Warga dan Dapat Bantuan Polisi

Selain jumlah tersebut, Wahidin memprediksi akan ada peningkatan jumlah penerima ke depannya. Lantaran, gelombang pemberhentian kerja masih terus terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com