Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Daerah Penyangga Banjarmasin Diusulkan Terapkan PSBB

Kompas.com - 22/04/2020, 05:54 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Setelah Banjarmasin, tiga kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) diusulkan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel M Muslim mengatakan, tiga daerah yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Barito Kuala merupakan penyangga Kota Banjarmasin.

"Hasil dari kesepakatan keputusan ini Pemprov Kalsel mendukung kabupaten dan kota menerapkan PSBB, terutama di beberapa daerah penyangga Banjarmasin," ujar M Muslim dalam keterangan yang diterima, Selasa (21/4/2020) malam.

Baca juga: Masyarakat Tak Jujur Penyebab Pasien Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah

Menurut Muslim, usulan PSBB untuk tiga daerah tersebut setelah Pemprov Kalsel melihat perkembangan peningkatan kasus Covid-19.

"Itu dilakukan sesuai dengan kondisi-kondisi dan analisa situasi dilakukan PSBB, ini merupakan kebaikan dalam upaya memutus mata rantai Covid 19 di Kalsel," tuturnya.

Baca juga: Sebelum PSBB Diberlakukan, Wali Kota Banjarmasin akan Terbitkan Perwali

Selain mengusulkan tiga daerah untuk PSBB, Pemprov Kalsel berencana memberikan bantuan dana kepada masing-masing daerah.

Jika disetujui Kementerian Kesehatan, maka setiap daerah akan dikucurkan dana sebesar Rp 1 Miliar.

"Pemprov Kalsel akan mendukung sesuai dengan ketentuan dan kemampuan semaksimal mungkin karena ini adalah masalah bersama dan harus ditanggulangi bersama," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com