Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Pegawai Puskesmas Turi di Lamongan Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup

Kompas.com - 06/04/2020, 14:36 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Seorang pegawai Puskesmas Turi yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dikonfirmasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Ini diketahui setelah hasil swab dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19, pelayanan yang ada di Puskesmas Turi diputuskan untuk ditutup sementara waktu.

Sementara, pegawai lain puskesmas sudah menjalani rapid test dan tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

Baca juga: Bupati Lamongan Wajibkan Pemudik Jalani Karantina hingga Usulkan PSBB

"Untuk sementara pasien rawat jalan, kami alihkan ke puskesmas terdekat. Kalau nanti kondisinya sudah steril, akan kami buka lagi, mudah-mudahan tidak lama," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Taufik Hidayat, saat dikonfirmasi, Senin (6/4/2020).

Pasien rawat jalan yang sebelumnya biasa mendapat pelayanan medis di Puskesmas Turi, sementara waktu akan dialihkan ke Puskesmas Deket atau Puskesmas Sukodadi.

Mulai hari ini dan beberapa hari ke depan, ruangan-ruangan yang ada di Puskesmas Turi bakal disemprot cairan desinfektan guna mematikan dan memutus penyebaran Covid-19.

"Kan tidak semua pegawai yang terpapar, misalnya petugas kami yang ada di puskesmas pembantu. Pegawai lain sudah kami lakukan rapid test dan hasilnya negatif," ucap dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com