Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agenda Doa Bersama untuk Virus Corona di Muara Enim Batal Digelar

Kompas.com - 19/03/2020, 20:33 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Acara doa bersama meminta perlindungan Tuhan dari wabah virus corona atau Covid-19 yang diagendakan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan batal digelar.

Kepala Bidang Protokol Kabupaten Muara Enim Ari Irawan, mengatakan, batalnya kegiatan tersebut setelah mereka mendapatkan masukan dari seluruh pihak.

Setelah dipertimbangkan, agenda itu akhirnya dibatalkan.

Baca juga: Jalan Pangkal Flyover di Muara Enim Ambles, 4.700 Warga Terancam Terisolasi

"Rencananya acara tersebut digelar hari ini. Kemudian melihat dari perkembangan, akhirnya acara itu dibatalkan," kata Ari melalui telepon, Kamis (19/3/2020).

Ari menerangkan, mereka saat ini juga menerapkan social distancing (menjaga jarak) berupa menghindari keramaian, menghindari kontak fisik dan sebisa mungkin tetap berada di rumah.

Untuk melaksanakan hal tersebut, murid tingkat PAUD dan TK pada 20 Maret besok akan diliburkan hingga 4 April 2020.

Baca juga: Tersangkut Kasus Narkoba, ASN Dinas PUPR Muara Enim Ditangkap

 

Sementara, untuk tingkat SD-SMP tetap belajar dan meniadakan aktivitas ekstrakulikuler serta aktivitas lain di luar sekolah.

"Ini juga berlaku bagi ASN. Tetap bekerja, namun mengurangi kegiatan dinas di luar kota atau luar negeri, kecuali atas perintah Bupati," ujarnya.

Gubernur Sumsel: ibadah bisa dilakukan di rumah

Gubernur Sumsel Herman Deru juga angkat bicara mendengar adanya agenda doa bersama yang digagas oleh pemerintah Kabupaten Muara Enim.

Herman mengutarakan, ia tak menghalangi kegiatan tersebut.

Hanya saja, pemerintah Kabupaten harus menyiapkan alat yang memadai, seperti cairan antiseptik dan pengukur suhu tubuh sebagai antisipasi.

"Saya tidak memerangi kerumunan tapi memerangi corona. Namun ibadah itu bisa saja dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada dalam waktu bersamaan," ucap Herman.

Baca juga: Aa Gym Ajak Warga Jabar Berjihad Memotong Peluang Penularan Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com