Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi Pengunjung, Posko Kesehatan di Ranai Baru Dikunjungi 40 Warga

Kompas.com - 09/02/2020, 16:11 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

NATUNA, KOMPAS.com - Posko Kesehatan yang dibangun di pusat Kota Ranai atau tepatnya di Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sampai saat ini sepi pengunjung.

Dari hasil data yang didapat Kompas.com sampai saat ini, Minggu (9/2/2020), baru 40 warga Ranai, Natuna, yang mengunjungi posko kesehatan yang berada di pusat kota ini.

Itu pun tidak semuanya memeriksakan kesehatan.

Petugas medis Posko Kesehatan Pantai Piwang, dr Indrike Caesaria mengatakan, sejak didirikan pada Kamis (6/2/2020) sampai saat ini, Minggu (9/2/2020) berdasarkan dari data buku kunjungan, baru ada 40 warga yang berkunjung ke posko tersebut.

Baca juga: Pastikan Natuna Aman, Warga Ranai Jalan Sehat dan Senam Pagi

Hanya sekitar 65 persen di antaranya yang memeriksakan kesehatannya. Selebihnya hanya konsultasi dan meminta penjelasan seputar virus corona.

"Rata-rata memeriksakan kesehatannya, tapi ada juga yang bertanya terkait virus corona dan konsultasi tentang kesehatan," kata Indrike, Minggu (9/2/2020).

Indrike menambahkan, ada juga warga yang berkunjung ke posko kesehatan hanya untuk meminta vitamin dan masker.

Namun sebelum warga tersebut pulang, tim tenaga kesehatan di Posko Kesehatan Piwang juga menyempatkan untuk mengedukasi mereka tentang cara menerapkan pola hidup sehat.

Bahkan cara mengenakan masker yang baik dan aman juga diajarkan.

"Jadi setiap warga yang ke sini, langsung kami edukasi. Ya, setidaknya mereka ke posko kesehatan ini tidak sia-sia," jelas Indrike Caesaria.

Sebelumnya, warga Ranai, Natuna, sempat menolak keputusan pemerintah pusat terkait proses karantina 285 orang yang dipusatkan di Hangar Lanud Raden Sadjad, Natuna.

Baca juga: Jadi Lokasi Karantina Virus Corona, Wisatawan Enggan Datang ke Natuna

Namun setelah diberikan penjelasan, akhirnya masyawakat Ranai bisa memahami dan mau menerimanya.

Pemerintah kemudian menyediakan fasilitas kesehatan yang diminta masyarakat, salah satunya adalah posko kesehatan di Pantai Piwang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com