Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI: Rakyat Menangis bila Melihat TNI-Polri Berselisih

Kompas.com - 17/01/2020, 14:38 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memuji sinergitas yang telah dibangun antara prajurit TNI dan Polri di Maluku.

Menurut Hadi, sinergitas TNI Polri yang terjalin di Maluku sangat nyata dan bukan sekadar seremonial semata.

“Kemarin dengan Bapak Kapolri saya meluncur dari Lanud menuju penginapan, hotel di sepanjang jalan bentuk sinergitas antara TNI dan Polri betul-betul nyata dan saya lihat begitu mengharukan, mudah-mudahan sinergi di Maluku ini bukan hanya serimonial, tapi memang betul-betul dari hati yang paling dalam,” ungkap Hadi, saat memberikan pengarahan kepada lebih dari 2.000 prajurit TNI-Polri, di Mako Lantamal IX Ambon, Jumat (17/1/2020).

Hadi menuturkan, sinergitas TNI dan Polri harus tetap dibangun mengingat untuk mewujudkan stabilitas keamanan nasional, sangat dibutuhkan kekompakan dan soliditas di antara sesama prajurit TNI dan Polri.

Baca juga: Panglima TNI: Halau Kapal Pencuri Ikan di Zona Indonesia

“Sinergitas TNI Polri itu penting, tujuannya apa? untuk memajukan kekuatan TNI Polri guna mewujudkan stabilitas keamanan di Indonesia,” kata dia.

Dia menambahkan, seluruh rakyat Indonesia telah menitipkan harapannya agar TNI Polri tetap solid, guna menjaga dan mewujudkan stabilitas kemanaan.

Menurut dia, terkadang rakyat menangis jika melihat perselisihan yang terjadi antara sesama prajurit TNI dan Polri.

“Rakyat menangis apabila melihat kasus kecil saja, ada perselisihan antara TNI dan Polri hanya mereka tidak mau menyampaikan,” ujar dia.

Karena itu, ia meminta agar prajurit TNI Polri di mana pun berada harus tetap memperkuat sinergitas, soliditas dan bersatu untuk membantu masyarakat.

Baca juga: Resmikan Pusinformar, Panglima TNI Yakin Maritim Indonesia Kian Aman

"Untuk itu kita tidak boleh membuat hati rakyat sedih, kita harus tunjukan bahwa sinergitas ini nyata dan kita harus tunjukan kepada seluruh rakyat Indonesia,” ungkap dia.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Idham Aziz ikut mengapresiasi sinergitas antara prajurit TNI Polri yang selama ini telah ditunjukan mulai dari pengamanan.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada teman-teman (TNI-Polri) sekalian atas sinergitas yang telah ditunjukan,” kata dia.

Dalam kegiatan itu, Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan juga ikut menanam pohon serta joget bersama dengan ribuan prajurit TNI Polri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com