Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Salatiga, Pejuang Sampah Dapatkan "Extra Fooding" Rp 10.000

Kompas.com - 28/11/2019, 06:41 WIB
Dian Ade Permana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Pejuang sampah yang beroperasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngronggo Kelurahan Kumpulrejo Kota Salatiga akan mendapat bantuan biaya extra fooding.

Setiap harinya, mereka akan mendapat bantuan sebesar Rp 10 ribu per orang.

"Sebagai tanda cinta kami kepada para pejuang sampah, kami akan menambah extra fooding sebesar Rp 10 ribu per hari," kata Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, Rabu (27/11/2019) di TPA Ngronggo dalam rangka peringatan HUT ke-48 Korpri.

Dikatakan, selama ini terdapat sekitar 100 tenaga pengelola sampah di TPA Ngronggo, dengan penghasilan Rp 20.000 per hari. Dengan adanya extra fooding, maka penghasilan mereka akan menjadi Rp 30.000 per hari.

Baca juga: 1.660 Balita Menderita Stunting, Kota Salatiga Terbitkan Perwali

"Harapannya, dengan ada tambahan ini bisa menambah kesejahteraan para pejuang sampah," jelasnya. Yuliyanto dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan gerobak.

Selain di TPA Ngronggo, peringatan HUT Korpri juga dilaksanakan di Panti Wresa Salib Putih.

Disampaikan, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Sosial (Dinsos) memfasilitasi panti yang menampung warga lanjut usia ini dengan dana APBD, agar kebutuhan sandang, pangan, maupun keperluan lainnya dapat tercukupi.

"Kepedulian pemerintah terhadap panti wreda senantiasa kita tingkatkan, agar pelayanan terhadap penghuninya bisa semakin baik. Untuk itu, melalui Dinas Sosial, panti-panti yang menampung warga lanjut usia difasilitasi dengan dana APBD," ujarnya.

Panti Wreda Salib Putih saat ini dihuni oleh 23 warga lanjut usia, namun masih ada beberapa panti wreda lain yang dikelola secara mandiri.

Baca juga: Petugas Gabungan Bersihkan Sekolah di Rokan Hulu Usai Banjir Surut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com