0
KILAS DAERAH

Kilas Daerah Banyuwangi

1.300 Penari Berlatih Keras Jelang Pertunjukan Tari Gandrung Sewu

Kompas.com - 10/10/2019, 14:09 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Sebanyak 1.300 penari akan tampil membawakan sendratari epik Gandrung Sewu pada Sabtu (12/10/2019) di Festival Gandrung Sewu, Bayuwangi. 

Penari-penari dari penjuru desa di Kabupaten Paling ujung timur Pulau Jawa ini berkumpul dan menari bersama tari kebanggaan mereka, tari Gandrung, di Pantai Marina Boom.

Untuk menyambut event itu, ribuan penari itu pun sampai saat ini terus mematangkan diri dengan berlatih menyempurnakan gerakan dan formasi. Latihan pun digelar mulai siang hingga malam hari.

"Saya sempatkan datang untuk memotivasi seluruh penari dan pelatih yang berupaya keras menyiapkan ajang kolosal ini sejak 3 bulan lalu," ujar Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko seperti dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10/2019).

Yusuf menambahkan, para penari yang akan tampil di Gandrung Sewu lebih dari 50 persen adalah penari baru.

Hal ini, kata dia, sebagai upaya regenerasi penari Gandrung di Banyuwangi. Diplomasi seni dan budaya pun berlanjut ke generasi selanjutnya.

Ketua Panitia Festival Gandrung Sewu Budianto berfoto bersama 1.300 penari yang akan membawakan sendratari epic Gandrung Sewu, di Pantai Marina Boom, Bayuwangi, Sabtu (12/10/2019).DOK. Humas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Ketua Panitia Festival Gandrung Sewu Budianto berfoto bersama 1.300 penari yang akan membawakan sendratari epic Gandrung Sewu, di Pantai Marina Boom, Bayuwangi, Sabtu (12/10/2019).
"Memang lebih susah dalam latihannya, tetapi kelanjutan budaya lokal lewat seniman muda ini harus tetap kami laksanakan," kata Yusuf.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Gandrung Sewu, Budianto, menyatakan 60 persen dari 1.300 penari ini merupakan penari baru. Mereka lolos seleksi yang dilakukan panitia di beberapa rayon yang dibentuk.

"Maka, kami ekstra memberikan latihan. Dalam Gandrung Sewu tidak ada yang ikut lebih dari tiga kali karena kami memikirkan regenerasi penari," katanya.

Budianto mengatakan latihan akan terus digeber untuk menghasilkan pergelaran kolosal yang menarik, dari kekompakan penari, kesempurnaan formasi, hingga kesamaan gerak tari.

"Tahun ini akan ada kejutan yang istimewa pada pergelaran Gandrung Sewu 2019 ini. Tunggu saja dan saksikan," ucap Budianto.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com