Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Karhutla, Lahan Gambut Jadi Lokasi Budidaya Jamur Tiram dan Nanas

Kompas.com - 28/08/2019, 15:55 WIB
Amriza Nursatria,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Maraknya peristiwa kebakaran lahan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan membuat berbagai pihak mencari cara agar kejadian itu tidak terjadi lagi.

Salah satunya yang dilakukan oleh Kodim 0402 OKI dengan mengajak warga mengembangkan budidaya jamur tiram di lingkungannya agar mereka tak lagi menggarap lahan mereka dengan cara sonor atau dibakar.

Salah satu lokasi yang menjadi lokasi pengembangan budidaya jamur tiram adalah Desa Sodong kecamatan Mesuji.

Di desa yang dulu pernah terjadi konflik berdarah itu pihak Kodim 0402 OKI mendirikan sebuah bangunan tempat budidaya jarum tiram dari kayu dan penutup dari plastik.

Baca juga: 3 Perusahaan di Kalimantan dan Sumatera Jadi Tersangka Karhutla

 

Sedangkan sarana tumbuh jamur dari tangkos bekas buah sawit yang disumbang salah satu perusahaan perkebunan di sana.

Setelah dilakuan penguapan dan diberi bibit jamur maka dalam waktu beberapa hari dari tangkos itu akan muncul jamur tiram yang siap dipanen setelah 8 sampai 10 hari. 

Saat ini dari tempat pembudidayaan jamur tiram itu sudah berhasil dilakukan 14 kali panen. Hasil panen selain di konsumsi sendiri sebagian ada yang dijual.

Kepala Staf Kodim 0402 OKI Mayor Ernanda mengatakan, budidaya jamur tiram di Desa Sodong ini adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Kodim 0402 OKI untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan di desa sodong yang selama ini kerap terjadi.

“Dengan budidaya jamur tiram Kodim  0402 OKI mengajak warga untuk tidak lagi menggarap lahan dengan cara dibakar seperti selama ini dilakukan,” katanya

Ernanda menambahkan, tidak hanya di Desa Sodong, budidaya jamur tiram juga sudah dilakukan d desa Suryaadi sebanyak 56 titik dan akan terus dikembangkan di tempat lain.

Baca juga: Karhutla Belum Teratasi, Gubernur Sumsel hingga Pelajar Gelar Shalat Minta Hujan

Kebun nanas

Selain budidaya jamur tiram Kodim 0402 OKI juga mengembangkan tanaman nanas di daerah gambut yang selama ini kerap terbakar.

Sudah ada 80 hektar lahan gambut di daerah Sepucuk Kecamatan Pedamaran Timur OKI yang ditanami buah nanas dan hasilnya di lokasi yang ditanami nanas tak pernah lagi terjadi kebakaran lahan.

Komandan Kodim OKI Letkol Riyandi mengungkapkan upaya pembudidayaan jamur tiram dan menanam buah nanas di lahan gambut terbukti efektif mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Riyandi berharap agar pihak pemerintah daerah dapat mengadopsi apa yang sudah dilakukan Kodim OKI untuk diaplikasikan di lokasi-lokasi yang selama ini kerap terjadi kebakaran lahan. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com