Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Ombak, Dua Nelayan Cianjur Hilang

Kompas.com - 23/08/2019, 06:38 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Khairina

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Dua orang nelayan asal Cianjur, Jawa Barat hilang ditelan ombak dan dua orang lainnya selamat setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik diterjang ombak besar di pantai Lugina, Kecamatan Agrabinta, Cianjur, Kamis (22/8/0219).

Informasi yang berhasil dihimpun Kompas.com dari laporan pihak kepolisian setempat menyebutkan, laka laut tersebut bermula saat empat orang nelayan asal Kampung Cikakap, Desa Tanjungsari, Agrabinta pergi melaut menggunakan perahu congkreng untuk mencari udang.

“Mereka pergi melaut dalam kondisi gelombang yang tidak bersahabat, sedang tinggi,” kata Kapolsek Agrabinta, AKP Joni dalam laporannya yang dikutip Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Nasib Nelayan Pantai Sadeng di Tangan Tengkulak, Melaut hingga 10 Hari Tapi Tidak Dapat Apa-apa...

Akibatnya, ketika baru berlayar, gelombang tinggi datang dan langsung membalikkan perahu yang mereka tumpangi.

“Dua orang yang berhasil selamat atas nama Ikin dan Iman, sedangkan Muslih dan pengemudi perahu, Sanusi hilang ditelan ombak,” katanya.

Ikin berhasil berenang hingga ke pesisir pantai dan langsung ditolong warga. Sementara korban selamat lainnya, Iman berhasil terapung setelah menggapai tangki bahan bakar untuk kemudian ditolong perahu nelayan lain yang melintas.

"Dua nelayan yang hilang masih dilakukan pencarian melibatkan petugas gabungan dari TNI/Polri, BPBD Cianjur dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung serta masyarakat dan nelayan setempat,” ujarnya.

Baca juga: Polisi: TNI AL Bantu Tangani Pembajakan Kapal Nelayan di Perairan Aru

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng mengatakan, sejumlah peugas telah diterjunkan ke lokasi untuk melakukan proses pencarian dua orang nelayan yang ditelan ombak tersebut.

“Masih ada nelayan yang belum ditemukan. Kami terlibat dalam proses pencarian bersama tim lain,” kata Sugeng saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com