Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Polusi Udara di DKI, Pemprov Akan Bangun 200 Taman Maju Bersama

Kompas.com - 18/08/2019, 09:40 WIB
Rindi Nuris Velarosdela,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun 53 Taman Maju Bersama pada 2019. Hal itu merupakan langkah awal pengendalian kualitas udara di Jakarta berdasarkan Ingub Nomor 66 Tahun 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI telah merencanakan pembangunan 50 Taman Maju Bersama setiap tahunnya.

Sehingga, pada tahun 2020 dapat diwujudkan pembangunan 200 taman dengan 2.000.000 tanaman. yakni 500.000 pohon dan 1.500.000 tanaman hias.

Baca juga: Anies Minta PLN Pastikan Cerobong PLTU Tak Sebabkan Polusi Udara

"Ini (pembangunan taman) dikerjakan dengan pendekatan gerakan. Bila menyaksikan ada taman yang sedang dibangun, jangan dilihat hanya sekadar tamannya. Tapi, pendekatan dalam membangun taman itu melibatkan masyarakat, bukan sekadar konsultasi, tapi kolaborasi," kata Anies di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (18/7/2019).

Tak hanya pembangunan Taman Maju Bersama, Kepala Dinas Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, pihaknya akan menanam 100.000 bunga Bougenville di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Alasan pemilihan bunga Bougenville lantaran tanaman tersebut mempunyai kemampuan penyerapan polutan dengan kualitas tinggi.

"Dinas Kehutanan akan menanam tanaman hias secara seperti Bougenville yang memiliki penyerapan udara dalam kategori tinggi sebesar 45,43 miligram per gram. Sebagai langkah awal menanam 100.000 bougenville di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin," ujar Suzi. 

"Nantinya akan dilanjutkan secara bertahap (penanaman) di lokasi lainnya di Jalan Casablanca, Jalan Dr Satrio, dan Jalan Salemba Raya," lanjutnya.

Suzi berharap, masyarakat dapat berkontribusi dalam menjaga dan merawat tanaman di kawasan Jakarta.

Baca juga: Kendalikan Polusi Udara di DKI, Anies Tanam 100.000 Bougenville

Sebelumnya, Anies menghadiri penanaman simbolis bunga Bougenville di Jalan Sudirman dan pohon Kupingan di Semanggi.

Penanaman tersebut juga untuk mewujudkan Jakarta yang lestari sehingga dapat menjadi warisan tempat yang asri bagi generasi selanjutnya.

"Kita ingin mewujudkan kota Jakarta yang lestari. Apa yang dimanfaatkan dari kota kita adalah pinjaman dari generasi anak cucu kita. Oleh karena itu, kita harus mewariskan Jakarta dalam keadaan yang baik. Ini prinsip kota yang lestari," kata Anies. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com