Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNS Ikuti Kompetisi Formula SAE 2019 di Jepang

Kompas.com - 14/08/2019, 06:30 WIB
Rachmawati

Editor

Sumber Kompas TV

KOMPAS.com - Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah, akan berlaga di kompetisi Formula SAE 2019 di Jepang.

Ajang tahunan ini, merupakan kompetisi untuk merancang, mendesain, dan memproduksi mobil balap formula.

Dilansir dari Kompas TV, mobil bengawan student formula yang diberi nama "Yudhistira" tersebut dibuat untuk berkompetisi di ajang Formula SAE atau Student Society of Automotive Engineers 2019 di Jepang pada akhir Agustus mendatang.

Pada kompetisi tersebut yang dinilai bukan kecepatan, melainkan bagaimana membuat mobil sendiri.

Baca juga: Jadi Mahasiswa Termuda, Remaja 16 Tahun Ini Bercita-cita Selamatkan Hutan

Mobil single seater tersebut dirakit dari nol dan telah melalui beragam uji coba. Mobil rakitan yang terbuat dari berbagai bahan ini, diyakini mampu dipacu hingga mencapai 80 kilometer per jam

Ardhan Prasetyo Nugroho, ketua tim bengawan student formula mengatakan, mesin mobil rakitan tersebut diadopsi dari mesin motor CB 400 tahun 1998.

"Untuk body-nya kami menggunakan komposit dan untuk sparepart yang lain ada menggunakan prober plastic. Dan juga untuk engine kami sudah membawa bawaan dari mesin CB 400," jelas Ardhan.

Sementara itu Kuncoro Diharjo Wakil rektor Bidang Kemahasiswaan UNS mengatakan mobil rakitan tersebut akan dikembangkan.

Baca juga: Kronologi Tenggelamnya Mahasiswa UGM Saat KKN di Palangkaraya, Terseret Arus hingga Ditemukan Meninggal di Dasar Sungai

"Akan dikembangkan. Maka tim pendamping ini harus kita arahkan juga melalui kegiatan riset. Sehingga pendamping risetnya juga fokus ke situ. Sehingga evalausi ada, development ada. Kemudian juga ke depan kita akan panggil juga pembalap yang internasional untuk mengevaluasi, dan setelah dievaluasi kelemahan kita dimana, kita improvement untuk di tahun ke depan," jelas Kuncoro.

Di Jepang, tim UNS akan berkompetisi dengan tim dari 100 negara, termasuk 7 tim dari Indoensia. Mereka menargetkan masuk 20 besar.

Pada tahun 2018, UNS juga mengikuti ajang perlombaan yang sama dan mendapat peringkat ke-55 dari 103 peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com