Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Mahasiswa Termuda, Remaja 16 Tahun Ini Bercita-cita Selamatkan Hutan

Kompas.com - 13/08/2019, 17:05 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Rayhan Juliansyah tercatat menjadi mahasiswa termuda yang diterima di Institut Teknologi Sumatera (Itera). Tahun ini, Rayhan tercatat berusia 16 tahun.

Meskipun menjadi mahasiswa termuda, Rayhan mengaku ingin meraih cita-citanya untuk melestarikan hutan yang ada di Indonesia. Cita-cita tersebut telah dipupuknya sejak belia. 

"Karena cita-cita itu telah saya rencanakan sejak lama. Kalau sudah lulus kuliah saya ingin memperbaiki hutan yang semakin hari menjadi gundul dan erosi," kata mahasiswa Program Studi Rekayasa Hutan Itera tersebut.

Baca juga: Siswa SMA di Kalimantan Tengah Jadi Juara Dunia Penyembuh Kanker

Seperti dilansir dari Tribunnews, Wakil Rektor Itera Bidang Akademik Prof Mitra Djamal mengaku, Rayhan menjadi mahasiswa termuda pertama di Kampus Itera.

"Baru tahun ini kita menerima mahasiswa diusai muda, dan rekor buat kita dan tidak ada pembatasan," katanya

Sementara itu, Rayhan adalah anak kedua dari pasangan Radian Fajar dan Zulhendrawaty. Rayhan diterima di Itera melalui jalur SBMPTN alias tertulis. Artinya, Rayhan harus berkompetisi dengan ribuan calon mahasiswa lainnya.

Seperti diketahui, saat masuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Rayhan ternyata masih berusia 4 tahun.

Usia yang lebih muda dari teman satu angkatannya itu ternyata tidak membuat Rayhan minder. Dirinya bahkan tergolong siswa yang mampu memahami pelajaran dengan sangat baik.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Kuliah di Usia 16 Tahun, Rayhan Jadi Mahasiswa Termuda di Itera, Ingin Abdikan Diri untuk Hutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com