Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Apa Itu?

Kompas.com - 09/08/2019, 18:07 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com — PT Marga Mandalasakti (MMS) melakukan uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh di ruas jalan Tol Tangerang-Merak.

Pada tahap pertama, uji coba diberlakukan di empat gerbang tol (GT), yaitu Serang Timur, Serang Barat, Cikupa, dan Cikande, dengan masing-masing satu lajur.

"Sebelumnya kami hanya uji coba berfungsi atau tidak alatnya, tapi sekarang ada peningkatan ke sistem pembayaran, sudah bisa menggunakan e-money atau e-wallet," kata Presiden Direktur PT MMS Krist Ade Sudiyono di Serang, Kamis (8/8/2019).

Baca juga: Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Ini Cara Kerjanya

Uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh tersebut menggunakan sistem single line free flow (SLFF), di mana pengguna kendaraan bisa langsung melewati gerbang tol tanpa proses tap kartu.

Pengguna kendaraan yang melintas di GT ini sebelumnya harus memiliki sebuah alat yang diletakkan di dalam mobil atau on board unit (OBU).

Alat inilah yang kemudian akan dibaca oleh sensor yang terpasang di lajur khusus LSFF.

Serupa dengan e-toll card, alat ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Oleh karena itu, pengendara yang melintas harus memiliki saldo OBU yang cukup.

Baca juga: Portal Penghalang Truk Berat di Exit Tol Kalimalang 2 Bukan yang Berspesifikasi Terkuat

Dengan sistem SLFF, kendaraan bisa tetap melaju di gerbang tol dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam.

"Jadi tidak ada berhenti-berhenti lagi, kan kalau pakai kartu harus tap, dan ini bisa berhenti beberapa detik, artinya ada antrean di belakang," kata dia. (KONTRIBUTOR BANTEN ACEP NAZMUDIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com