Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Yasin: KH Maimun Zubair Apresiasi Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Kompas.com - 08/08/2019, 12:39 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin atau Gus Yasin mengatakan, sebelum wafat, ayahnya, KH Maimun Zubair sempat menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi pertemuan Jokowi dan Prabowo Subianto.

Mbah Moen juga mengapresiasi pertemuan antara Prabowo dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Gus Yasin juga mengungkapkan pesan khusus Mbah Moen kepada dirinya yakni agar selalu bersinergi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan pemerintah pusat dalam memimpin pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

"Harus ada perubahan di Jateng, dan beliau berharap ada kebersamaan dan kebhinnekaan tunggal ika. Beliau juga mengapresiasi pertemuan Pak Jokowi dengan Pak Prabowo, maupun Pak Prabowo dengan Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Gus Yasin saat ditemui di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Ini Pesan Terakhir KH Maimun Zubair kepada Gus Yasin

Adapun Gus Yasin hendak berangkat ke Kota Mekkah untuk berziarah ke makam Mbah Moen.

Gus Yasin juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pemakaman dan mendoakan ulama karismatik KH Maimun Zubair.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Gus Yasin kepada pihak-pihak yang telah melaksanakan shalat gaib untuk almarhum Mbah Moen.

"Saya atas nama keluarga KH Maimun Zubair mengucapkan terima kasih kepada Presiden, para menteri, Pemprov Jateng, masyarakat Indonesia, TNI, Polri, dan seluruh instansi atas dukungan dan doanya," kata Gus Yasin.

Baca juga: Mengenang KH Maimun Zubair, Pesan Jaga Persatuan hingga Pemuda Katolik Kehilangan Sosok Panutan

Dalam kesempatan tersebut, Gus Yasin mengaku terkenang dengan pertemuan terakhir saat mengantar Mbah Moen memasuki pesawat terbang.

"Ketika mengantar sampai garbarata, beliau saya pamiti. Bah, (abah) doakan saya, beliau tidak menjawab hanya memandangi saya selama beberapa menit. Ingin menangis beliau dan terakhir dengan senyum, sambil berkata ya saya doakan," ujarnya.

Seperti diwartakan, KH Maimun Zubair wafat di Kota Mekkah, Arab Saudi, pada Selasa (6/8/2019) pukul 04.17 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com