Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akbar Tandjung: Airlangga Berprestasi Selama Memimpin Golkar

Kompas.com - 03/08/2019, 15:24 WIB
Markus Yuwono,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinilai berprestasi selama memimpin Partai Golkar, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung mendukung penuh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar pada periode 2019-2024.

Akbar mengatakan, dalam Munas nanti, pihaknya juga sekaligus mempersiapkan calon ketua umum yang dianggap tepat menjadi penerus kepemimpinan Partai Golkar 2019-2024.

"Calon ketua umum yang kami anggap tepat untuk melanjutkan misi yang diemban oleh partai ini tidak lain adalah saudara Airlangga Hartarto, yang juga pada hari ini masih menjabat sebagai ketua umum Partai Golkar," kata Akbar di konferensi pers pernyataan kebulatan tekad Hastakarya, Sayap dan PK se-DIY mendukung Airlangga Hartarto sebagai ketua Umum Golkar periode 2019-2024 di Rumah Politisi senior Golkar Gandung Pardiman di Imogiri, Bantul, Sabtu (3/8/2019).

Baca juga: 32 DPD II Jawa Tengah Deklarasikan Dukungan untuk Airlangga Hartarto

Menurut dia, prestasi Airlangga cukup baik selama memimpin partai berlambang pohon beringin ini. Meski tidak menempati puncak perolehan suara tertinggi, namun paling tidak tetap di posisi kedua, dengan perolehan kursi di DPR RI sebanyak 85 kursi.

"Di mana kami mendapat 85 kursi, ini salah satu prestasi yang kami anggap telah dihasilkan oleh saudara Airlangga saat menjabat ketua," ujarnya

Setelah konstelasi internal berakhir dalam munas mendatang, pihaknya akan mengawal pemerintahan Jokowi periode ke dua, sehingga diharapkan meninggalkan kenangan bagi masyarakat.

"Lima tahun ke depan kami akan beri dukungan sepenuhnya agar misi Jokowi berhasil, dan saat mengakhirinya nanti (2024) akan meninggalkan satu kenangan indah kepada masyarakat," katanya.

Selain itu, menurut dia, Partai Golkar lahir untuk mempertahankan pancasila, UUD 1945 dan NKRI serta mendukung Bhinneka Tunggal Ika. Maka setelah dihujat pada akhir Orde Baru, Partai Golkar pada 2004 sudah berubah dan diakui oleh masyarakat.

Oleh karena itu di tangan Airlangga, dia akan mengembalikan kejayaan partai dan menjadi pemenang pemilu di 2024.

Ketua Kosgoro Agung Laksono menilai hal yang serupa. Dengan dukungan 90 persen pemilik suara dari partai Golkar akan lebih mudah Airlangga Hartarto untuk memimpin kembali Partai Golkar.

Baca juga: Dihadiri JK Saat Diusung Maju di Munas Golkar, Ini Kata Airlangga

Menurut dia, yang luar biasanyanya lagi acara di Bantul ini tidak hanya dihadiri pemilik suara namun dihadiri pemilik suara namun dihadiri pengurus tingkat kecamatan dan sayap partai.

"Sehingga berbagai program dari ketum terpilih nantinya juga akan dilaksanakan sampai tingkat bawah," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com