Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 DPD II Jawa Tengah Deklarasikan Dukungan untuk Airlangga Hartarto

Kompas.com - 03/08/2019, 10:03 WIB
Wijaya Kusuma,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 32 DPD tingkat II Partai Golkar Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan untuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024.

Di dalam deklarasi ini seluruh pengurus DPD Tingkat II Jawa Tengah maju untuk menyerahkan surat dukungan kepada Airlangga Hartarto sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024.

"Dari 35 DPD tingkat II se Provinsi Jawa Tengah yang absen hanya 3 DPD tingkat II," ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardono di acara deklarasi dukungan untuk Airlangga Hartarto di Hotel Grand Aston Yogyakarta pada Jumat (02/08/2019) malam.

Baca juga: Dihadiri JK Saat Diusung Maju di Munas Golkar, Ini Kata Airlangga

Wisnu menuturkan, sebelum Munas, Jawa Tengah akan ada pemekaran Lima tingkat II.

Ia pun memastikan suara dukungan dari Jawa Tengah untuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024 tidak akan berkurang namun justru akan bertambah.

Disampaikannya, pengurus DPD Partai Golkar Jawa Tengah beberapa waktu lalu sudah mengelar rapat pleno.

Baca juga: Diusung Kosgoro Maju Ketum Golkar, Airlangga Sebut Dukungan Terus Mengalir

Dari rapat pleno ini, sepakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Airlangga Hartarto sebagai Ketua umum DPP Partai Golkar periode 2019-2024.

"Rapat pleno 16 Juli yang lalu, dihadiri perwakilan DPD yang keputusannya mengikat. Seluruh DPD tingkat II Jawa Tengah mendukung, mengusung dan memenangkan Bapak Airlangga Hartarto," tegasnya.

Sementara itu, Airlangga Hartarto mengungkapkan deklarasi dukungan ini sebagai amanah yang diberikan DPD tingkat se-Jawa Tengah.

Baca juga: 4 Kader Siap Jadi Caketum Golkar, Airlangga Hartarto Ogah Komentar

Menurutnya sebelumnya DIY, Sumatera Utara, Aceh, dan seluruh DPD tingkat I se-Indonesia sudah menyatakan dukungannya.

Airlangga Hartarto menyebut sampai saat ini sudah mendapat dukungan sekitar 90 persen.

"Tentu amanah ini akan dijadikan semangat dan bahan, pertama untuk Munas nanti, kedua tentu untuk mengkonsolidasikan dan meningkatkan soliditas Partai Golkar," tegasnya.

Baca juga: Airlangga Hartarto Sebut Dirinya Didukung 460 DPD untuk Jadi Ketum Golkar

Hadir dalam acara deklarasi ini, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono.

Turut hadir pula, Ketua DPD I Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Haryadi Suyuti, dan Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Kompas TV Bursa calon Ketua Umum Partai Golkar memanas. Ada sejumlah calon ketua umum yang maju menantang Ketua Umum Golkar saat ini, Airlangga Hartarto. Mereka mendeklarasikan diri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (18/7). Adapun ketiga orang yang hadir dan mendeklarasikan diri maju, yakni Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua Satker Ulama Partai GolkarAli Yahya, dan anggota DPR bernama Marlida Erwati. Laporan dari Jurnalis KompasTV, Vidi Batolone, ketiga caketum telah menyampaikan pidato dan visi-misi mengenai apa saja yang akan dilakukan jika terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Menurut rencana, pemilihan Ketua Umum Partai Golkar bakal dilaksanakan pada saat musyawarah nasional Partai Golkar pada Desember 2019. Meski demikian, dalam deklarasi oleh bakal calon ketua umum Partai Golkar menyebut bahwa mereka berharapmusyawarah nasional berlangsung lebih cepat, yaitu #CaketumGolkar #PartaiGolkar #KetumGolkar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com