Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips dari Arumi Bachsin untuk Cegah "Stunting"...

Kompas.com - 22/07/2019, 17:10 WIB
Rachmawati

Editor

SUMENEP, KOMPAS.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak memberikan tips untuk mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak.

Tips tersebut disampaikan Arumi saat  menghadiri acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi di Area Taman Bunga Alun-alun Kabupaten Sumenep, Minggu (21/7/2019) .

Arumi menjelaskan bahwa faktor utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan nutrisi yang menyebabkan pertumbuhan anak terlambat atau gagal.

Baca juga: Kisah Arumi Bachsin Diwisuda, Sempat Pindah Kampus dan Punya 2 Anak

Stunting itu adalah kegagalan pertumbuhan atau keterlambatan pertumbuhan yang salah satu faktornya adalah kurangnya nutrisi yang akut. Sehingga yang seharusnya bisa bertumbuh tinggi dan pintar menjadi kurang,” jelas Arumi di hadapan masyarakat yang hadir.

Ia mengatakan memberikan asupan nutrisi di pagi hari kepada anak-anak dinilainya sangat penting, karena anak-anak  tidur selama kurang lebih 10 jam yang secara langsung seperti berpuasa.

Sehingga, menurut Arumi, makanan yang pertama kali masuk dan diserap oleh tubuh harusnya makanan yang padat nutrisi.

“Sarapan adalah salah satu asupan paling penting dalam sehari. Sehingga nutrisi pertama yang diserap oleh tubuh sangatlah penting untuk  modal tumbuh dan berkembangnya anak,” ujar ibu dua orang anak itu.

Baca juga: Arumi Bachsin: Saya Ini Grogi Loh Pak, Bu, Bicara di Depan Ibu Gubernur...

Arumi Bachsin pun mencontohkan dengan sarapan roti bersama puluhan anak-anak usia PAUD dari seluruh Sumenep. Secara antusias anak-anak mengikuti instruksinya.

"Jadi pastikan sarapan harus yang padat bernutrisi supaya anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang sesempurna mungkin,” pesannya.

Turut memeriahkan acara pagi itu Bupati Sumenep, Busyro Karim dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi serta TP PKK Kab.Sumenep, Forkopimda Kab. Sumenep dan ribuan masyarakat Sumenep.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Tips-tips Arumi Dardak Cegah Stunting dan Gangguan Pertumbuhan Anak di Jatim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com