Salin Artikel

Ini Tips dari Arumi Bachsin untuk Cegah "Stunting"...

Tips tersebut disampaikan Arumi saat  menghadiri acara Gerakan Sarapan Padat Bernutrisi di Area Taman Bunga Alun-alun Kabupaten Sumenep, Minggu (21/7/2019) .

Arumi menjelaskan bahwa faktor utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan nutrisi yang menyebabkan pertumbuhan anak terlambat atau gagal.

“Stunting itu adalah kegagalan pertumbuhan atau keterlambatan pertumbuhan yang salah satu faktornya adalah kurangnya nutrisi yang akut. Sehingga yang seharusnya bisa bertumbuh tinggi dan pintar menjadi kurang,” jelas Arumi di hadapan masyarakat yang hadir.

Ia mengatakan memberikan asupan nutrisi di pagi hari kepada anak-anak dinilainya sangat penting, karena anak-anak  tidur selama kurang lebih 10 jam yang secara langsung seperti berpuasa.

Sehingga, menurut Arumi, makanan yang pertama kali masuk dan diserap oleh tubuh harusnya makanan yang padat nutrisi.

“Sarapan adalah salah satu asupan paling penting dalam sehari. Sehingga nutrisi pertama yang diserap oleh tubuh sangatlah penting untuk  modal tumbuh dan berkembangnya anak,” ujar ibu dua orang anak itu.

Arumi Bachsin pun mencontohkan dengan sarapan roti bersama puluhan anak-anak usia PAUD dari seluruh Sumenep. Secara antusias anak-anak mengikuti instruksinya.

"Jadi pastikan sarapan harus yang padat bernutrisi supaya anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang sesempurna mungkin,” pesannya.

Turut memeriahkan acara pagi itu Bupati Sumenep, Busyro Karim dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi serta TP PKK Kab.Sumenep, Forkopimda Kab. Sumenep dan ribuan masyarakat Sumenep.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Tips-tips Arumi Dardak Cegah Stunting dan Gangguan Pertumbuhan Anak di Jatim

https://regional.kompas.com/read/2019/07/22/17103391/ini-tips-dari-arumi-bachsin-untuk-cegah-stunting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke