Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,2 Kembali Guncang Halmahera Selatan, Warga Panik

Kompas.com - 18/07/2019, 07:12 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo kembali mengguncang Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Rabu (17/7/2019) malam.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, episentrum gempa berada pada titik koordinat 0.97 Lintang Selatan dan 128.74 Bujur Timur atau berjarak 129 kilometer timur Obi, dan 143 kilometer timur Labuha, Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, gempa tersebut cukup dirasakan getarannya di wilayah tersebut.

Baca juga: Halmahera Selatan Tetapkan Status Tanggap Darurat Selama 7 Hari Pasca-gempa

Rifai, salah seorang warga Bacan, Halmahera Selatan mengaku getaran gempa membuat warga panik hingga keluar dari rumah-rumah mereka.

“Getarannya cukup kuat, tadi kami keluar rumah semua. Ya warga panik juga,” kata Rivai saat dihubungi via telepon selulernya.

Dia mengaku, hampir setiap jam warga selalu merasakan getaran gempa setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 magnitudo mengguncang wilayah tersebut.

”Kejadian seperti ini sudah sering terjadi hampir setiap hari kita selalu keluar rumah saat gempa susulan terjadi,” katanya.

Baca juga: 61 Gempa Susulan Terjadi Pasca-gempa Mangnitudo 7,2 Halmahera Selatan

Pascagempa magnitudo 7,2, tercatat sudah lebih dari 100 kali gempa susulan mengguncang wilayah Halmahera Selatan.

BMKG telah memperingatkan warga di Halmahera Selatan untuk dapat mengindari bangunan dan sebaiknya keluar ke tempat terbuka.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com