Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papan Anti Radiasi Berbahan Timah dan Timbal Dicuri, Eks Pekerja Bangunan Ditangkap

Kompas.com - 16/07/2019, 05:21 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel menangkap tiga pekerja gedung Rumah Sakit Labuang Baji Makassar usai ketahuan mencuri papan anti radiasi berbahan timah dan timbal di ruang Radiologi. Saat itu, mereka mengerjakan gedung baru rumah sakit tersebut pada 27 Juni 2019 lalu.

Ketiga pelaku diringkus di Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, pada Senin (15/7/2019). Panit Timsus Polda Sulsel Ipda Arthenius MB mengatakan bahwa ketiga pekerja tersebut ialah Zainuddin Dg Sila (29), Suardi Dg Ikka (25), dan Irwan alias Iwan (25). 

Baca juga: Empat Pencuri Ditangkap Saat Sedang Berfoya-foya di Karaoke

Ketiganya memanfaatkan statusnya sebagai pekerja gedung tersebut agar dapat mengelilingi ruangan dan tidak ketahuan mencuri. 

"Pelaku ini melancarkan aksinya, ketika mereka telah melakukan pengerjaan proyek di rumah sakit tersebut. Saat pekerjaan telah selesai, mereka melihat adanya sisa bahan bangunan yang tersisa di ruang Radiologi sehingga niatnya untuk melakukan pencurian pun muncul," kata Artenius.

Ketiga pelaku menggunakan linggis dan palu saat mengambil barang curiannya dengan cara merusak tripleks atau papan yang tertempel di tembok di ruang radiologi rumah sakit tersebut. 

Saat berhasil melepaskan papan tripleks yang tertempel di tembok, ketiganya lalu mengambil timah papan anti radiasinya di tripleks tersebut. 

"Mereka ini mengambil timbal tersebut kemudian dijual kepada pengepul barang rongsokan," katanya.

Baca juga: Coba Kabur, Pencuri Perhiasan Rp 1 Miliar Ditembak

Saat diinterogasi, ketiga pelaku mengakui perbuatannya dan menyebut bahwa masih ada satu rekannya yang turut melakukan pencurian. Saat ini, rekannya tersebut masih berstatus DPO. 

Usai penangkapan, ketiga pelaku bersama barang buktinya serta beberapa lempengan timbal digiring ke kantor polisi setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com