Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Risma Mengajarkan Kejujuran Lewat Dongeng ke Anak-anak...

Kompas.com - 13/07/2019, 21:57 WIB
Ghinan Salman,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menghadiri Roadshow Bus KPK "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" di Gedung Siola, Surabaya, Sabtu (13/7/2019).

Di hadapan ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kota Surabaya, Risma yang hadir sebagai pembicara diminta mendongeng dan bercerita.

Kepada siswa-siswi pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), hingga sekolah menengah pertama (SMP), Risma pun mendongeng sekaligus mengajarkan arti kejujuran.

Risma berinteraksi langsung dengan siswa. Ia memberikan petuah agar anak-anak memiliki sikap jujur sedari kecil hingga tumbuh dewasa.

"Kita tidak boleh mengambil barang atau sesuatu yang bukan punya kita. Kalian harus jujur, berani, adil, biar nanti jadi anak-anak luar biasa," kata Risma kepada ratusan siswa.

Usai mendongeng, Risma juga meminta salah satu siswa untuk bercerita tentang pengalamannya menjalankan nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan itu, Risma juga memberikan materi kepada guru dan kepala sekolah jenjang TK, SD/MI, dan SMP/MTs agar turut berperan aktif mengajarkan nilai-nilai kejujuran di sekolah.

Risma menjelaskan, guru memiliki peranan penting bagi perkembangan anak-anak. Sebab, anak-anak akan menjadi generasi penerus bangsa.

"Bapak-ibu, tolong layani dengan sungguh-sungguh dan berikan yang terbaik," ujar Risma.

"Panjenengan (guru dan kepala sekolah) mendidik anak-anak bangsa untuk meneruskan perjuangan pendahulunya," lanjut dia.

Pendidikan anti korupsi ini, lanjut dia, sangat penting ditanamkan kepada anak-anak sejak dini lantaran akan membentuk karakter postif ketika mereka sudah dewasa.

Risma meyakini, ke depannya nanti anak-anak akan terbiasa untuk berbuat jujur serta membentuk sikap positif bagi generasi Indonesia yang akan datang.

"Mulai kecil kita tanamkan, maka besarnya akan sulit untuk berubah. Saya yakin kalau ini kita lakukan akan menjadi anak-anak yang luar biasa," tutur Risma.

Saat menjadi pembicara, Risma turut didampingi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com