Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modus Sekuriti Pasar Bobol Kios: Gasak Uang Koin, Kopi hingga Uang Palsu

Kompas.com - 08/07/2019, 12:39 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sekuriti pasar berinisial FS (22) yang diduga membobol sejumlah kios pedagang di Pasar Karanglewas, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melakukan aksinya pada malam hari.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Karanglewas, Sucipto mengatakan, terduga pelaku melancarkan aksinya ketika sedang bertugas pada malam hari dengan cara membuka kunci gembok yang terpasang di kios.

"Dia melakukan aksinya kalau sedang shift malam. Tidak ada tanda-tanda kerusakan di kios, mungkin dibandrek (dibuka dengan alat atau kunci tertentu) gemboknya," kata Sucipto di Mapolsek Purwokerto Barat, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Terekam CCTV Bobol Kios Pedagang, Oknum Sekuriti Pasar Ditangkap

Hanif (28), salah satu pedagang, mengatakan, terduga pelaku lebih sering mencuri uang koin yang ditinggal pedagang di dalam kios. Terduga pelaku juga diduga mencuri barang dagangan seperti kopi.

"Uang palsu juga digasak, Rp 100.000, pecahan Rp 50.000-an ada dua lembar. Padahal uang itu sengaja saya simpan agar tidak beredar lagi, uang itu saya dapat dari pembeli," ujar Hanif.

Kepala Pasar Karanglewas, Erlin Darmawan mengatakan, pihaknya beberapa kali menerima laporan kehilangan dari para pedagang. Sebagian besar laporan yang diterima pedagang kehilangan uang koin.

"Sudah diingatkan berkali-kali, tidak boleh menyimpan uang atau barang-barang berharga di kios. Dia (terduga pelaku) berstatus sebagai karyawan kontrak, bekerja belum ada setahun di sini," kata Erlin.

Baca juga: Baru Bebas dari Penjara, Pria Ini Kembali Ditahan Usai Mencuri Mobil untuk Pulang

Menurut Erlin, apabila terduga pelaku terbukti mencuri, terancam diputus kontrak. Pihaknya akan mengoordinasikan persoalan tersebut dengan manajemen pasar yang dikelola Perusda Satria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com