Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutopo di Mata Kerabat, Dikenal Gigih dan Bekerja Tanpa Mengenal Waktu

Kompas.com - 07/07/2019, 15:11 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Warga di sekitar rumah duka menilai almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho semasa hidup dikenal gigih dan bekerja tanpa mengenal waktu.

Meski telah divonis menderita kanker paru-paru pada 17 Januari 2018, almarhum Sutopo masih tetap bekerja dalam memberikan informasi seputar bencana di Tanah Air.

"Orangnya gigih, bekerja tanpa mengenal waktu dan tanpa mengenal kondisi pribadi sehingga sampai detik-detik terakhir kemarin saya menerima kabar dari ayahnya, Pak Harsono kalau Pak Sutopo kritis kondisinya," kata Ketua RW 009 Siswodipuran, Hadi Tri Winarno ditemui di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2019).

Baca juga: Sosok Sutopo di Mata Wartawan, meski Sakit dan Tertatih Tetap Semangat Mengabarkan Bencana

Dirinya ikut prihatin atas kabar meninggalnya Sutopo saat menjalani perawatan di rumah sakit di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB.

"Pak Sutopo ini orangnya sungguh - sungguh mengorbankan diri untuk negeri ini," ungkapnya.

Baca juga: Keluarga Ungkap Alasan Almarhum Sutopo Dimakamkan di Boyolali

Semenjak di Jakarta, dirinya mengaku jarang bertemu dengan almarhum. Sesekali bertemu ketika almarhum pulang mudik saat Lebaran.

Winarno mengaku bertemu terakhir dengan Sutopo pada Lebaran tahun 2017 dan 2018. Sutopo pulang ke Boyolali karena ada kegiatan reuni akbar bersama dengan teman SMP dan SMA.

"Kemarin (Lebaran 2018) Pak Sutopo pulang ke sini karena ada teman satu angkatan sekolah silaturahmi ke sini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com