Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Sebut Kertajati Siap Terima Kepindahan Penerbangan dari Husein

Kompas.com - 22/06/2019, 21:55 WIB
Reni Susanti,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Internasional Kertajati siap menerima perpindahan 56 penerbangan dari Husein Sastranegara.

Seperti diketahui 56 penerbangan domestik, terdiri dari 28 take off dan 28 landing pesawat jenis jet dipindahkan dari Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka.

“Bandara Internasional Kertajati sangat siap. Gedung terminal, sistem operasi pendukung juga siap,” ujar Awaluddin di Jalan Setiabudi Bandung, Sabtu (22/6/2019).

Selain itu, runway sepanjang 3.000 meter pun sudah siap, didukung apron dan infrastruktur pendukung.

Bahkan untuk instrumen landing system, Airnav Indonesia sudah melakukan kesiapan. Apalagi sebelumnya, Kertajati pernah beroperasi. Jadi saat ini hanya memastikan semuanya berjalan lancar.

Baca juga: Ongkos Damri ke Bandara Kertajati Gratis Selama Sebulan, Ini Ketentuannya

“1 Juli 2019 insya Allah tidak ada kendala lagi, bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan,” ucapnya.

Selain kesiapan bandar udara, pihaknya bersama instansi lain seperti Pemprov Jabar hingga PT BIJB berkolaborasi menyiapkan infrastruktur pendukung seperti aksesibilitas angkutan darat.

Selama masa transisi beberapa insentif disediakan. Misalnya subsidi untuk bus dari Bandung-Kertajati maupun sebaliknya. “(Untuk sementara) ada bus dan travel yang bisa digunakan,” tutupnya. 

Kompas TV Ada pemandangan lain di Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kerta Jati Majalengka bandara yang sejatinya digunakan oleh calon penumpang pesawat pada ramadan kali ini memiliki fungsi lain yakni menjadi tempat ngabuburit atau jalan-jalan sore menunggu waktu berbuka puasa oleh warga. Warga ingin melihat secara langsung kemegahan bandara dan tak melewatkan diri untuk berswafoto bersama keluarga. #BandaraKertajati #JawaBarat #ngabuburit
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com