Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Kerusuhan di PN Bulukumba, Keluarga Korban Serang Terdakwa hingga 1 Orang Tertembak

Kompas.com - 14/06/2019, 14:04 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang warga tertembak saat kerusuhan di halaman Pengadilan Negeri Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa (11/6/2019).

Kerusuhan terjadi saat sidang kasus pembunuhan seorang warga bernama Syahrul (23). Keluarga korban berusaha menghakimi para terdakwa yaitu MR (17), Andi Dedi Mappamadeng (28), Laode Mauliding alias Alif (21), dan Wahyuda (19).

Sementara itu, warga yang tertembak bernama Irwan (39). Polisi terpaksa melepaskan tembakan karena Irwan diduga membawa senjata tajam berupa badik.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Massa hendak hakimi terdakwa kasus pembunuhan

Pengeroyokan.Tribunnews.com Pengeroyokan.

Kantor Pengadilan Negeri Bulukumba, Sulawesi Selatan, dirusak oleh beberapa warga usai sidang kasus pembunuhan seorang warga bernama Syahrul (23) yang digelar Selasa (11/6/2019).

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu mengatakan, perusakan terjadi lantaran warga dari keluarga korban gagal menghakimi terdakwa pembunuhan. Beberapa kaca jendela, AC, hingga pintu kaca pengadilan pecah dan rusak.

"Karena dapat dicegah oleh personel pengamanan Polres Bulukumba, akhirnya massa yang tidak dapat melampiaskan keinginannya melempari kantor PN dengan batu," kata Syamsu kepada Kompas.com, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Satu Warga Tertembak dalam Kerusuhan di PN Bulukumba, Ini Kata Polisi

2. Kronologi kerusuhan menurut polisi

Peristiwa bentrokan di halaman PN Bulukumba usai sidang kasus pembunuhan Syahrul sebelum massa dari keluarga korban memilih melempari gedung PN Bulukumba, Selasa (11/6/2019).Istimewa Peristiwa bentrokan di halaman PN Bulukumba usai sidang kasus pembunuhan Syahrul sebelum massa dari keluarga korban memilih melempari gedung PN Bulukumba, Selasa (11/6/2019).

Saat sidang, tampak keluarga dan kerabat korban menunggu terdakwa pembunuhan keluar dari Pengadilan Negeri Bulukumba untuk menyerangnya.

Namun, karena polisi sigap mengamankan para terdakwa saat keluar dari ruang tahanan Pengadilan Negeri Bulukumba menuju mobil tahanan, massa dari keluarga korban pun geram dan mengamuk. Massa nekat menyerang aparat kepolisian yang berjaga.

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan saat dikonfirmasi Kompas.com mengatakan, perusakan beberapa bangunan dan fasilitas di PN Bulukumba terjadi lantaran massa gagal menghakimi terdakwa pembunuhan.

Akibatnya, beberapa kaca jendela, AC, hingga pintu kaca pengadilan pecah dan rusak.

"Pengadilan Negeri adalah lembaga hukum yang patut kita hormati dalam menyelesaikan seluruh perkara hukum. Siapa pun yang bertindak anarkis atau menganggu ketertiban di pengadilan akan ditindak tegas," kata Dicky dalam keterangan resminya, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Gagal Hakimi Terdakwa Pembunuhan, Keluarga Korban Rusak Gedung Pengadilan

3. Satu warga tertembak, 10 orang jadi tersangka

Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com