Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Pekan Ini Diprediksi Jadi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Tanjung Perak

Kompas.com - 10/06/2019, 21:35 WIB
Achmad Faizal,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Arus balik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi terjadi pada H+6 Lebaran atau Rabu (12/6/2019).

Tiga daerah tujuan diprediksi akan mendominasi, yakni Banjarmasin, Balikpapan, dan Makasar.

"Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+6, tujuan utama yakni Banjarmasin, Balikpapan, dan Makasar," kata VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, Senin (10/6/2019).

Baca juga: Ini 3 Penyebab Antrean Panjang Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Dia menyebut, arus penumpang kapal laut pada angkutan Lebaran tahun ini di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III, meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Catatan Pelindo III, sejak H-15 hingga H+3 Lebaran, ada 338.130 pemudik atau meningkat 31 persen dari periode yang sama tahun 2018 sebanyak 257.211 pemudik.

Puncak arus mudik kata dia terjadi pada H-6 dengan 31.369 pemudik. Saat itu di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pemudik yang turun mencapai 17.354 penumpang.

"Selanjutnya di Pelabuhan Banjarmasin dengan 2.557 penumpang, dan di Pelabuhan Kalianget Madura dengan 1.239 penumpang," terangnya.

Baca juga: 186.768 Penumpang Turun di Soekarno-Hatta pada Puncak Arus Balik

Para pemudik penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kebanyakan datang dari Pelabuhan Balikpapan sebanyak 22.795 orang, Pelabuhan Makasar 21.195 orang, dan Pelabuhan Banjarmasin 18.399 orang.

Dia menyebut, arus mudik dan balik di pelabuhan yang dikelola Pelindo III tahun ini relatif lancar.

"Koordinasi yang baik dengan pemerintah, operator pelayaran, dan kesiapan infrastruktur membuat mudik kapal laut tahun ini lancar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com