Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Kecelakaan, Pemudik yang Melintas di Jalur Pemalang-Purbalingga Diminta Waspada

Kompas.com - 23/05/2019, 15:08 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Para pemudik yang akan melintasi jalur Pemalang-Purbalingga, Jawa Tengah, diminta berhati-hati karena banyak terdapat turunan dan tikungan tajam.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Purbalingga Sunarto mengatakan, salah satu titik rawan kecelakaan berada di turunan tajam jalur Bayeman, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

"Dari petugas kita di lapangan akan menghimbau langsung, mengingatkan kepada pengguna jalan yang melintas untuk menggunakan gigi rendah," kata Sutarno saat survei posko lebaran di Purbalingga, Kamis (23/5/2019).

Baca juga: Tol Pemalang Dibuka, Lalu Lintas Pemalang-Purbalingga Diperkirakan Meningkat

Sunarto mengatakan, pihaknya juga telah memasang spanduk dan imbauan di tepi jalan agar menggunakan gigi rendah. Gigi rendah digunakan untuk mengurangi potensi kecelakaan di jalur tersebut.

Selain itu, lanjut Sunarto, pengemudi yang datang dari arah Pemalang diminta berhenti terlebih dahulu sebelum memasuki turunan Bayeman. Pihaknya telah menyiapkan rest area yang representatif.

Baca juga: Lewat Jalan Tol Solo-Ngawi, Pemudik Bisa Tukarkan Uang di Rest Area Ini

"Rest area ini untuk transit mendinginkan rem dan mesin, selama ini banyak kecelakaan karena rem blong. Makanya kami minta berhenti dulu di rest area untuk mendinginkan rem," ujar Sunarto.

Menurut Sunarto, pada arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu, tercatat terjadi lima kasus kecelakaan di jalur tersebut. Dengan upaya yang dilakukan, tahun ini diharapkan kasus kecelakaan dapat ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com