Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengobatan Gratis Awali Rangkaian Waisak 2019 di Candi Borobudur

Kompas.com - 15/05/2019, 13:27 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) menyelenggarakan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat di Taman Lumbini kompeks Taman Wisata Candi Borobudur, 14-15 Mei 2019. Kegiatan ini menjadi awal rangkaian Waisak Nasional 2563 BE/2019.

Ribuan warga dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Magelang berbondong-bondong datang untuk memanfaatkan bakti sosial ini. Tidak hanya umat Buddha, tapi juga umat agama lain.

"Bakti sosial ini untuk cinta kasih, untuk tetap bersatu, kekuatan kita Bhineka Tunggal Ika. Kita ingin berbagi rasa," tutur Ketua Umum Walubi S Hartati Murdaya, di sela-sela kegiatan, Selasa (14/5/2019).

Pihaknya menargetkan bakti sosial bisa melayani setidaknya 8.000 pasien. Sejumlah pelayanan pengobatan yang diberikan antara lain pengobatan umum dan spesialis, poli gigi (cabut dan tambal gigi), poli mata operasi katarak, operasi benjolan/bedah minor, dan operasi bibir sumbing.

Baca juga: Lebaran Waisak, Cara Unik Masyarakat Lereng Merbabu Rayakan Perbedaan

Pengobatan gratis yang rutin digelar itu melibatkan 185 dokter dan 294 tenaga paramedis serta 650 sukarelawan. Mereka berasal dari berbagai lembaga di antaranya Diskes TNI AU, Puskes TNI AD, RSUP Sardjito, Dinkes Kabupaten Magelang, dan lain-lain.

"Harapan kita kegiatan ini bisa membantu meringankan masyarakat yang kurang mampu. Semua gratis," tandas Hartati.

Sebelumnya, Walubi juga melakukan bakti sosial membersihkan Taman Makam Pahlawan di seluruh Indonesia di mana umat Buddha berada. Rangkaian Waisak Nasional dilanjutkan pada 16 Mei 2019, yakni upacara pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit di Temanggung untuk disemayamkan di Candi Mendut Magelang.

Air berkah kemudian dibawa ke Candi Borobudur bersama dengan api alam yang diambil dari Mrapen, Kabupaten Grobogan, pada 17 Mei 2019. Prosesi akbar ini akan diikuti oleh puluhan ribu umat Buddha dengan berjalan kaki.

Baca juga: Ketika Menteri Agama Buka Puasa di Tengah Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Puncak Waisak Nasional akan dilaksanakan di Candi Borobudur pada 18 Mei 2018 malam, dengan kegiatan dharmasanti atau upacara yang rencananya dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin dan ribuan umat Buddha. Ada pun detik-detik Waisak akan dilaksanakan pada 19 Mei 2019 pukul 04.11 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com