Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Minta Warga Manokwari Tak Khawatir Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Kompas.com - 03/05/2019, 12:44 WIB
Kontributor Kompas TV Manokwari, Budy Setiawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MANOKWARI, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan meninjau pasokan dan harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa dan Lebaran 2019 di Pasar Tradisional Manokwari, Jumat (3/5/2019).

Staf Ahli Menteri Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi, beserta rombongan, selama berada di Manokwari, mendatangi Gudang Dolog, Pasar Tradisional Wosi, serta Gudang Distributor Makmur Perkasa di Sowi.

Pantauan tim kementrian bersama Dinas Perdagangan Provinsi Papua Barat, juga pihak Bank Indonesia, memastikan harga di pasar stabil. Komoditas pertanian, daging ayam, terpantau masih dalam batas wajar.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di DIY Stabil, Bawang Putih Naik

"Untuk stok beras dan gula relatif terjangkau hingga 4 bulan ke depan. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, menghadapi bulan puasa dan hari Raya Idul Fitri," kata Sutrisno, usai meninjau para pedagang di Pasar Wosi Manokwari.

Sementara itu, lanjut Sutrisno, harga daging ayam mengalami kenaikan yang tidak terlalu signifikan.

Ayam potong lokal misalnya, dari semula berkisar Rp 45.000 perekor naik menjadi Rp 55.000 perekor. Sedangkan untuk ayam beku dari luar pulau Papua, jauh lebih murah, yakni Rp 35.000 perekor.

Rombongan Kementrian dan pemerintah daerah juga bergeser ke para penjual berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, tepung, bawang, cabai hingga tomat.

Kenaikan harga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. Untuk menjaga kestabilannya yakni dengan menggelar operasi pasar.

Baca juga: Jelang Puasa, Harga Cabai Rawit di Sulut Naik Jadi Rp 90.000 Per Kg

Selain itu, hasil temuan harga di pasar ini, akan dibahas bersama pada Rapat Koordinasi, bersama Dinas Perindag dari kabupaten/kota dan distributor, yang dilaksanakan, Jumat ini.

Sutrisno berharap, dalam rapat itu, pemda nantinya mampu memberikan solusi untuk mengatasi lonjakan serta antisipasi kenaikan harga jelang bulan Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri Tahun 2019/1440 H.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com