Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kereta Jarak Jauh Dipastikan Berhenti di Stasiun Karawang

Kompas.com - 25/04/2019, 17:20 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Sebanyak enam kereta api tujuan Yogyakarya, Semarang, Pangandaran, dan Surabaya dipastikan bakal berhenti di Stasiun Karawang.

Hal ini disampaikan Executive Vice President DAOP 1 Jakarta Dadan Rudiansyah saat berkunjung ke Karawang, Kamis (25/4/2019).

"Disegerakan secepatnya," ujar Dadan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Dadan mengungkapkan kereta jarak jauh yang dipastikan akan berhenti di Karawang yakni Kereta Api Jaka Tingkir, Kutojaya Utara, Tawang Jaya Premium, dan Kereta Api Pangandaran.

Baca juga: Reaktivasi Rel KA Cibatu-Garut, Warga Bantaran Rel Tunggu Kebijakan Ridwan Kamil

Sementara itu, sebelumnya sudah ada dua kereta yang berhenti di Stasiun Karawang, yakni Kereta Api Singasari dan Kereta Api Jayabaya yang melayani rute Surabaya maupun Malang.

"Jadi ada enam kereta api yang akan berhenti di Karawang," kata Junior Manajer Angkutan Penumpang PT KAI DAOP 1 Jakarta Asep Dodi Rahmat.

Wacana itu disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Sebab, berhentinya sejumlah kereta tersebut diprediksi meningkatkan jumlah penumpang yang bepergian dari dan menuju Karawang, khususnya warga Karawang. Juga masyarakat yang akan bepergian menggunakan kereta api jarak jauh, seperti ke Yogyakarta, dan Semarang jadi lebih mudah.

"Tentunya ini kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Karawang. Yang hendak ke Semarang atau Yogyakarta, dan ingin menggunakan kereta api tak perlu berangkat dari Jakarta," kata Bupati Karawang Cellica Nurrcahadiana.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Reaktivasi 4 Jalur KA di Jabar, Puluhan Tahun Mangkrak hingga Dana Bongkar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com