Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Klaim Kemenangan di Solo Raya

Kompas.com - 12/04/2019, 09:42 WIB
Muhlis Al Alawi,
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin optimistis pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara di atas minimal 80 persen di Solo, Jawa Tengah.

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Solo Raya memperkirakan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan meraih suara 65 persen di wilayah Solo Raya.

Bagi TKD, optimisme perolehan suara itu karena Solo dan sekitarnya merupakan basis pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara, menurut BPN kemenangan itu didukung dari massa 80 persen dari NU yang saat pilgub mendukung Ganjar Pranowo.

Baca juga: TKN: Jokowi Siap Hadapi Serangan Kubu 02 Tentang Ekonomi dalam Debat Kelima

Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Solo, Her Suprabu menyampaikan, Jokowi asli kelahiran Solo dan pada Pilpres 2014 ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla memperoleh suara 83,4 persen di Solo.

Di samping itu, pada pemilihan wali kota (Pilwakot) tahun 2010 Jokowi berhasil memperoleh suara 90,1 persen.

Melihat perolehan suara itu, jelas Her Suprabu, elektabilitas Jokowi yang saat ini berpasangan dengan Kiai Ma'ruf Amin terus meningkat.

"Jadi, artinya apa 90 persen warga Solo itu sudah kenal sama Pak Jokowi. Jadi, enggak perlu dikenalkan lagi (Pak Jokowi). Kami tinggal menyampaikan hasil-hasil kerja Pak Jokowi untuk meningkatkan elektabilitas pak Jokowi," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (9/4/2019).

Selama ini yang menjadi perhatian TKD adalah banyaknya berita hoaks atau bohong yang belum tentu kebenarnya yang selalu menyerangan Jokowi.

"Yang mengalahkan itu kan berita hoaks-hoaks itu. Makanya kita terus menangkal berita-berita hoaks yang beredar di masyarakat. Bahwa apa yang disampaikan itu tidak benar," imbuhnya.

Baca juga: Aher Siap Jadikan Jawa Barat Lumbung Suara Prabowo-Sandi

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada masyarakat apabila mendapatkan berita yang belum tentu kebenarnya untuk melakukan konfirmasi terhadap pihak terkait. Jangan sampai masyarakat termakan dengan berita hoaks yang justru menyesatkan.

Disinggung terkait hasil survei internal pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin yang dilakukan TKD, kata Her Suprabu, perolehan suara Jokowi-Ma'ruf Amin di atas 85 persen.

Meski demikian pihaknya terus berupaya untuk terus meningkatkan suara pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

"Melihat prestasi-prestasi Pak Jokowi selama empat tahun ini sudah bisa memberikan kontribusi positif untuk kemajuan kota Solo. Apalagi Pak Jokowi kan orang Solo. Tentu kita sebagai warga Solo memilih orang Solo. Solo sendiri akan terangkat dengan keberadaan Pak Jokowi sebagai presiden yang kedua kalinya," katanya.

Sementara itu, paslon capres-cawapres  nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diperkirakan akan meraih kemenangan suara di wilayah Solo Raya mencapai 65 persen.

Kemenangan Prabowo-Sandiaga di wilayah Solo Raya berasal dari dukungan 80 persen massa NU dan banyaknya partai pengusung capres 01 yang berbalik arah dukungan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com