Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Hari Jelang Pencoblosan, Blanko dan Surat Suara Belum Tiba di Aceh Utara dan Lhokseumawe

Kompas.com - 11/04/2019, 13:00 WIB
Masriadi ,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Enam hari menjelang Pemilhan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara, mencatat sebagian besar surat suara, tinta, dan blanko, belum tiba di kantor lembaga penyelenggara pemilihan di Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar Adun, dihubungi melalui sambungan teleponnya, Kamis (11/4/2019), menyebutkan, surat suara dan tinta, masih berada di Kantor KIP Provinsi Aceh, di Banda Aceh, sedangkan blanko di KPU Republik Indonesia.

“Hasil koordinasi, hari ini (Kamis) akan dikirim ke Aceh Utara oleh KIP Aceh. Kita maksimalkan, bisa distribusi ke TPS tepat waktu,” kata pria yang akrab disapa Adun itu.

Baca juga: Masih Kekurang Surat Suara, KPU Gunungkidul Distribusikan Logistik Pemilu ke Desa

Dia menyebutkan, jumlah kekurangan surat suara, tinta dan blanko, dipastikan akan mencukupi. “Kalau ditanya detailnya, saya tidak ingat. Yang jelas, koordinasi kita sudah berjalan dan akan sampai sebelum hari pencoblosan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KIP Lhokseumawe, M Tassar menyebutkan, masih berada di Banda Aceh, untuk mengikuti rapat koordinasi logistik. “Saya belum jawab berapa yang kurang, bisa jadi pulang dari Banda Aceh, kita bawa sebagian logistik yang kurang dari KIP Provinsi Aceh. Nanti saya kabari lagi, yang jelas masih ada yang kurang,” pungkasnya.

Baca juga: Cegah Surat Suara Tidak Sah, KPU Bakal Gelar Sosialisasi Cara Mencoblos

Sekadar diketahui, Pemilu 2019 jatuh pada Rabu (17/4/2019). Pemerintah menetapkan Pemilu sebagai libur nasional. Sebagian logistik Pemilu seperti kotak suara telah didistribusikan ke tingkat kecamatan. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com