Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Solo, Jokowi Cerita Perjalanan Politiknya dari Wali Kota Menjadi Presiden

Kompas.com - 09/04/2019, 18:20 WIB
Labib Zamani,
Rachmawati

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri kampanye rapat umum terbuka di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).

Jokowi tiba di Stadion Sriwedari sekitar pukul 16.00 WIB dengan didampingi Iriana Jokowi. Keduanya terlihat kompak mengenakan kostum atasan putih dan bawahan hitam.

Kehadiran Jokowi dan Iriana disambut antusias para pendukungnya. Irama lagu Jokowi sekali lagi pun menggema di dalam stadion.

"Pripun kabaripun," tanya Jokowi sebanyak tiga kali dihadapan para pendukungannya.

Serempak para pendukungnya menjawab, "Sae."

Baca juga: Jokowi: Awas, Saya dari Solo Loh...

Jokowi mengungkapkan kebahagiannya karena bisa hadir secara langsung di tengah-tengah para pendukungnya dalam kampanye rapat umum terbuka Pilpres 2019.

"Saya sampai ke panggung ini. Tidak hujan, tapi baju dan kaus serta celana basah kuyub semuanya. Tetapi saya sangat berbahagia sekali. Sangat senang sekali karena bisa hadir di Kota Solo yang kita cintai, dimana saya memulai karier saya di bidang pemerintahan di sini," kata Jokowi.

Jokowi juga menceritakan keberhasilannya selama menjadi Wali Kota Surakarta selama dua periode.

"2005, 2010 lancar. Alhamdulillah," ucap Jokowi.

Jokowi bercerita, ketika baru dua tahun menjabat wali kota pada periode kedua, dirinya dipanggil Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri ke Jakarta.

"Di Jakarta juga sama. Baru jadi gubernur kurang dari tiga tahun diangkat lagi ke atas. Dicalonkan presiden," ungkapnya.

Baca juga: Kampanye di Solo, Jokowi Bagi-Bagi Kaus dari Atas Kereta Kuda

Kampanye rapat umum terbuka dihadiri oleh massa pendukung yang memenuhi lapangan dan seluruh bagian tribun Stadion Sriwedari.

Hadir dalam kampanye rapat umum terbuka Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Yenny Wahid, Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo, Ketua TKD Her Suprabu dan para tokoh nasional pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 01.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com