Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Gelombang Tinggi hingga 4 Meter pada 25-26 Februari di Wilayah Ini

Kompas.com - 24/02/2019, 20:27 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Icha Rastika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mulai 25 Februari hingga 26 Februari 2019.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Ricky Daniel Aror mengatakan, gelombang setinggi 2,5 meter sampai 4 meter (rough) mungkin terjadi di tiga wilayah Sulawesi Utara.

"Laut Sulawesi bagian Timur, perairan Kepulauan Sangihe, dan perairan Kepulauan Talaud," kata dia dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Minggu (24/2/2019).

Baca juga: BMKG Peringatkan Ada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Wilayah Ini

Sementara itu, gelombang setinggi 1,25 meter sampai 2,5 meter (moderate) mungkin terjadi di perairan Selatan Sulut, perairan Bitung-Manado, dan Laut Maluku.

"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut," ujar Ricky.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Benacana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang mengimbau warga yang melaut untuk waspada, terutama terkait kemungkinan munculnya gelombang 2,5-4 meter di perairan Kepulauan Sangihe.

"Kapal-kapal, perahu nelayan dan pengguna transportasi laut antar pulau agar memperhatikan kondisi laut serta cuaca di sekitarnya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com