Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dawet Sukun Ireng, Minuman Khas Kendal yang Diklaim Bisa Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 01/02/2019, 05:48 WIB
Slamet Priyatin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Setiap daerah tentu memiliki makanan dan minuman khas yang daerah lain tidak punya. Di Kendal, Jawa Tengah, ada minuman khas bernama "Dawet Sukun Ireng". 

Minuman dawet ini seperti halnya dawet biasa, berfungsi sebagai minuman penyegar pelepas dahaga. Namun, ada efek lain dari minuman ini, yakni bisa menurunkan kolesterol. 

Hal itu dikatakan oleh Yuli Astuti, salah satu penjual dawet sukun ireng di Kendal. Namun pernyataan Yuli ini masih sebatas klaim, karena belum ada penelitian atau uji klinis yang mendukung klaimnya. 

Yuli yang sudah beberapa tahun ini berjualan dawet sukun ireng mengatakan, minuman tersebut bernama dawet sukun ireng karena memang dawetnya terbuat dari buah sukun dan arang bambu. 

Baca juga: Tak Hanya Indonesia, Cendol Ternyata Minuman Khas Asia Tenggara

"Membuatnya mudah," kata Yuli kepada Kompas.com, Kamis (31/1/2019). 

Caranya, buah sukun diblender hingga lembut seperti tepung. Kemudian, ditambahkan arang mambu. Terakhir, adonan keduanya dicetak. 

Seperti halnya minuman dawet lainnya, dalam satu gelas dawet sukun ireng disajikan bersama santan, es, serta gula tentunya. 

“Santannya tidak direbus, tetapi airnya dimatangkan dulu. Setelah matang, ampas kelapa di masukan ke air yang sudah mendidih dan diperas dengan menggunakan alat,” tambahnya.

Sayangnya Yuli tidak menceritakan dari mana keterampilannya mengolah sukun dan arang bambu ini didapat. 

Hasilnya, dari segi rasa dan kenikmatan, dawet sukun ireng ini tak kalah dengan dawet lain yang banyak beredar di masyarakat. 

Satu gelas dawet sukun ireng ini dibanderol Yuli sehaga Rp 3.500. Cukup murah untuk ukuran kantong, bahkan untuk pelajar sekalipun. 

Baca juga: Jual Es Dawet Keliling, Iksan Mampu Biayai Kuliah hingga Nikahi Gadis Pujaan

Walau pembuatannya mudah, rasanya juga menarik dan juga murah, tapi tidak banyak penjual minuman yang menjual minuman khas Kendal ini. Yuli sendiri tidak tahu apa sebabnya.

Kemungkinan, karena mereka tidak tahu khasiat lain pada dawet sukun ireng ini. Tapi jika Anda berkesempatan melancong ke Kendal, tidak ada salahnya mencicipi kuliner khas yang satu ini. 

Salah satu pembeli bernama Faizin mengatakan, rasa dawet sukun ireng memang cukup khas. Selain itu, dawetnya juga sangat halus. “Bila diminum segar,” ujarnya.

Faizin mengatakan dia tahu kalau konsumsi dawet sukun ireng bisa bermanfaat untuk mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh.

“Tapi tujuan awal kami tidak untuk menurunkan kolesterol, hanya penikmat dawet saja,” katanya.

Baca juga: Cicipi Es Dawet di Pasar Gede Solo, Begini Komentar Sandiaga Uno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com