Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi Es Dawet di Pasar Gede Solo, Begini Komentar Sandiaga Uno

Kompas.com - 25/03/2018, 18:13 WIB
Labib Zamani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi Pasar Gede Hardjonagoro alias Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/3/2018).

Kunjungan Sandiaga tersebut untuk menyosialisasikan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziah, kepada para pedagang. Sandiaga didampingi Sekjen DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sriyanto Saputro.

Memakai kemeja putih lengan pendek, Sandiaga tiba di Pasar Gede disambut antusias para pedagang. Mereka berebut untuk bersalaman dengan orang nomor dua di DKI Jakarta itu.

Tak hanya itu, momen tersebut dimanfaatkan pedagang untuk berswafoto alias selfie dengan Sandiaga. Selama lebih kurang 45 menit, Sandiaga berkeliling di dalam pasar.

Baca juga: Tugas Langsung dari Prabowo, Sandiaga Kampanyekan Sudirman Said-Ida Fauziah di Solo

Sebelum meninggalkan Pasar Gede, Sandiaga tak lupa mencicipi es dawet telasih Bu Dermi. Saat mencicipi es dawet itu, Sandiaga mengatakan slogan yang pernah dipopulerkannya.

"Pengin ngerasain karena sudah dengar dari Jakarta. Dawet telasihnya Bu Dermi oke oce banget," kata Sandiaga seusai mencicipi semangkuk es dawet telasih Bu Dermi di Pasar Gede, Minggu.

Sandiaga berharap usaha es dawet tersebut bisa berkembang sehingga bisa mengangkat potensi usaha kecil menengah (UKM).

"Jadi, tujuan saya ke sini walaupun tanpa Pak Dirman (Sudirman Said) tetap mendukung UKM, ekonomi kecil, ekonomi kerakyatan, dan ekonomi akar rumput," jelas Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: Mungkin Inspirasi Pak Jokowi Bisa Diteruskan di Jakarta...

Sementara Rut Tulus Subekti, penjual es dawet telasih Bu Dermi, mengaku kaget dengan kedatangan Sandiaga Uno ke kios dawetnya. Dia tak menyangka akan dikunjungi oleh Sandiaga.

"Luar biasa banget. Enggak nyangka Pak Sandi mau minum dan duduk sini," kata dia.

Perempuan yang biasa disapa Bu Utit itu merupakan generasi ketiga penerus usaha dawet yang mulai berjualan sejak tahun 1930-an di Pasar Gede itu.

Sudah banyak pelanggan, termasuk mantan Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi), yang kini menjadi presiden, yang mampir mencicipi es dawet tersebut.

"Banyak pelanggan mampir sini untuk mencicipi es dawet telasih. Pak Jokowi suka mampir ke sini waktu sebelum jadi presiden," ujar Bu Utit.

Dia mengatakan, dalam sehari rata-rata bisa menjual sebanyak 250 mangkuk es dawet telasih.

Kompas TV Sandiaga Uno mendampingi Sudirman Said untuk kampanye di Semarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com