Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditabrak Kapal Tanker, Jembatan di Batam Ini Alami Kerusakan Serius

Kompas.com - 24/01/2019, 12:07 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BATAM, KOMPAS.com - Pasca-ditabrak Kapal Tanker MT Eastern Glory yang sedang labuh jangkar di perairan Pulau Akar Barelang, Jembatan II Barelang mengalami kerusakan.

Bahkan, ada beberapa titik yang dinyatakan kerusakannya cukup parah.

Kasubdit Pembangunan Jalan Jembatan BP Batam Boy Zasmita yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini Jembatan II Barelang mengalami kerusakan yang cukup serius, di antaranya di bagian pile cap dan box girder jembatan.

Pile cap merupakan elemen struktur yang berfungsi untuk menyebarkan beban dari kolom ke tiang-tiang jembatan.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Kapal Tanker MT Eastern Glory Tabrak Jembatan di Batam

"Untuk pile cap ada lima titik yang mengalami kerusakan cukup serius," kata Boy Zasmita, Kamis (24/1/2019).

Sementara, box girder merupakan struktur atas jembatan, yang terdiri dari balok-balok penopang utama yang berbentuk kotak berongga, yang terdiri dari elemen beton pratekan, baja struktural, atau komposit baja dan beton bertulang.

"Namun, tidak menutup kemungkinan, masih ada kerusakan lainnya yang diakibatkan hantaman Kapal Tanker MT Eastern Glory," ujar dia.

Kapal Tangker MT Eastern Glory yang sedang labuh jangkar di Perairan pulau Akar Barelang, hayut hingga menghantam Jembatan II Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/1/2019).DOK DITPOLAIRUD POLDA KEPRI Kapal Tangker MT Eastern Glory yang sedang labuh jangkar di Perairan pulau Akar Barelang, hayut hingga menghantam Jembatan II Barelang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/1/2019).

Lebih jauh, Boy mengatakan, visual yang tertangkap sejauh ini baru sebatas pile cap dan box girder, belum diketahui bagaimana kondisi bagian yang lainnya.

Boy berharap, pihak terkait dapat bertanggung jawab dalam memperbaiki dan mengganti sejumlah kerusakan di Jembatan II.

Baca juga: Dampak Kerugian dari Karamnya Kapal Tanker BBM di Alor Masih Dihitung

"Secepatnya kami akan lakukan pemeriksaan secara keseluruhan, mengingat jembatan ini merupakan jembatan penghubung beberapa pulau yang ada di Kota Batam," terang dia.

Boy menyatakan, pasca-insiden ini, akses ke jembatan itu akan ditutup sebagian sementara dan baru akan dibuka setelah proses perbaikan jembatan selesai.

"Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, untuk sementara Jembatan II Barelang ini akan ditutup, dan akses jalan hanya akan dibuka satu arah sampai proses perbaikan selesai," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com