Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Kerugian dari Karamnya Kapal Tanker BBM di Alor Masih Dihitung

Kompas.com - 21/01/2019, 10:41 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ganef Wurgiyanto mengatakan, tim valuasi masih menghitung besaran kerugian yang ditimbulkan dalam kasus karamnya kapal tanker Ocean Princess di perairan laut Suaka Alam Perairan (SAP) Selat Pantar, Alor, Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu.

"Kalau soal kerusakan biota laut, tim veluasi sudah melakukan pendataan, tetapi berapa besar kerugian, masih dihitung bersama tim ahli dari kementerian terkait," kata Ganef Wurgiyanto, seperti dilansir dari Antara, di Kupang, Senin (21/1/2019).

Baca juga: Kapal Tanker Berbendera Cook Island dari Timor Leste Kandas di NTT

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan kerugian yang harus di bayar PT Ocean Tangker, pemilik kapal tanker Ocean Princess yang karam di wilayah perairan laut Kabupaten Alor itu.

Setelah dilakukan penghitungan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk disampaikan kepada perusahaan pemilik kapal untuk meminta ganti rugi.

"Pemerintah hanya meminta ganti rugi karena kerusakan biota laut itu berada di wilayah perairan laut yang dilindungi, dan tidak ada proses hukum karena peristiwa tersebut masuk dalam kategori musibah," ujar dia.

Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan tim valuasi menunjukkan karang di perairan laut SAP Selat Pantar dan laut sekitarnya, mengalami kerusakan parah akibat kandasnya kapal tersebut di perairan pesisir Desa Aemoli, Kabupaten Alor, pada akhir Desember 2018 lalu.

Baca juga: Evakuasi Kapal Tanker Berbendera Cook Island yang Kandas di NTT Terhambat Cuaca

Selain itu, terdapat sekitar 28 spot karang yang hancur serta satu hamparan karang dengan ukuran 163x73 sentimeter yang sudah tidak bisa dikenali lagi.

"Ada 28 spot karang yang hancur, terdiri dari 19 spot karang padat dan tujuh spot karang bercabang," kata Ketua Tim Valuasi dari DKP NTT, Saleh Goro.

Karang padat ini, masa pertumbuhannya 1-2 sentimeter per tahun. Hasil investigasi lain adalah koloni karang yang rusak berdiameter 10-130 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com